BerandaBerita UtamaInflasi di Provinsi Banten Terkendali, Pj Gubernur Banten: "Kita Mendekati Situasi yang...

Inflasi di Provinsi Banten Terkendali, Pj Gubernur Banten: “Kita Mendekati Situasi yang Baik”

SERANG – Al Muktabar, Penjabat Gubernur Banten, mengungkapkan bahwa tingkat inflasi di Provinsi Banten telah berhasil dikendalikan dengan baik. Pada Mei 2024, inflasi year on year (y-on-y) di Provinsi Banten mencapai 2,86 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,05.

Hal ini disampaikan Al Muktabar setelah menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi yang dilakukan secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, pada hari Selasa (4/6/2024). Rapat tersebut dipimpin oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Tomsi Tohir.

“Inflasi di Provinsi Banten sebelumnya cukup fluktuatif. Namun, saat ini kita telah mendekati kondisi yang lebih baik dengan angka 2,86 persen,” kata Al Muktabar.

Dia menambahkan, “Ini menunjukkan penurunan yang signifikan. Kami telah bekerja sama dengan Bupati dan Walikota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan.”

Al Muktabar juga menjelaskan bahwa beberapa komoditas, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah, menjadi penyumbang inflasi di Provinsi Banten.

“Di sisi lain, khususnya dalam aspek pangan seperti beras, Provinsi Banten merupakan daerah yang berkontribusi pada pangan secara nasional. Beberapa waktu lalu hingga saat ini masih dalam masa panen raya, sehingga harga beras mulai terkendali,” ujarnya.

Menjelang Hari Besar Keagamaan Idul Adha 2024, pihaknya telah melakukan antisipasi terhadap kenaikan harga 20 komoditas pangan yang dapat memicu kenaikan inflasi di daerah.

“Dalam waktu dekat, akan ada hari besar keagamaan, di mana kebutuhan akan meningkat, mulai dari daging, daging ayam ras, telur, dan lainnya yang termasuk dalam 20 komoditas pangan. Oleh karena itu, kita akan terus berupaya untuk mengantisipasi kenaikan harga,” tutup Al Muktabar.

(mla/red)

Baca Juga:  Strategi PPP Menangkan Duet Ganjar dan Gus Yasin
- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments