BerandaKabupaten TangerangAkan Tersambung Penuh di Tahun 2026, Ada 35 Desa 6 Kecamatan di...

Akan Tersambung Penuh di Tahun 2026, Ada 35 Desa 6 Kecamatan di Tangerang yang Terdampak Tol Kataraja

TANGERANG, DISTRIKBANTENNEWS.COM – Pembangunan Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg (Kataraja) yang ditargetkan selesai pada tahun 2026 akan berdampak pada 35 desa di 6 kecamatan di Kabupaten Tangerang. Proyek tol ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Duta Graha Karya dengan nilai investasi sebesar Rp 23,22 triliun.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, tol Kataraja memiliki panjang 38,6 km dan terdiri dari 8 seksi, yaitu Seksi 1 Sedyatmo-Kosambi, Seksi 2 Kosambi-Teluknaga, Seksi 3 Teluknaga-Tanjung Pasir, Seksi 4 Tanjung Pasir-Kohod, Seksi 5 Kohod-Surya Bahari, Seksi 6 Surya Bahari-Pakuhaji, Seksi 7 Pakuhaji-Mauk, dan Seksi 8 Mauk-Rajeg.

“Untuk Seksi 1 hingga 4 mulai dari Jalan Tol Sedyatmo hingga Kohod ditargetkan akan selesai konstruksinya dan dioperasikan pada tahun 2025, selanjutnya untuk Seksi 5 hingga 8 dari Kohod hingga Rajeg ditargetkan selesai konstruksinya pada tahun 2026,” ujar Munir.

Munir menambahkan, tol Kataraja bertujuan untuk mengembangkan kawasan Kabupaten Tangerang bagian utara dan mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan di Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta. Tol ini juga akan terkoneksi dengan Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo dan Jalan Tol Semanan-Balaraja melalui dua Junction, yaitu JC Sedyatmo dan JC Rajeg.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak pembangunan tol Kataraja. Ia menyebutkan, ada 35 desa di 6 kecamatan yang terdampak, yaitu Kecamatan Kosambi, Kecamatan Teluknaga, Kecamatan Kronjo, Kecamatan Mauk, Kecamatan Pakuhaji, dan Kecamatan Rajeg.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak pengembang dan masyarakat untuk menyelesaikan proses pembebasan lahan. Kami berharap tol ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan dan perekonomian Kabupaten Tangerang,” kata Zaki.

Zaki juga mengungkapkan, tol Kataraja akan melintasi kawasan wisata Pantai Pasir Putih PIK 2 yang merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat. Ia berharap, tol ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Pasir Putih PIK 2 dan kawasan sekitarnya.

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Paguyuban Peguron Jaga Stabilitas Daerah

“Kami akan terus mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Tangerang, khususnya di pinggir pantai. Tol Kataraja diharapkan dapat mempermudah akses transportasi dan menarik minat wisatawan,” ucap Zaki.

*mar/red

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments