BerandaSosokAhmad Shidiq: Dari Buruh Bangunan ke Peternak Domba Mandiri

Ahmad Shidiq: Dari Buruh Bangunan ke Peternak Domba Mandiri

Ahmad Shidiq, yang sebelumnya bekerja sebagai buruh bangunan, kini telah menjadi peternak domba mandiri dan sukses berkat pendampingan dari Dasamas LAZ Al Azhar.

Ia adalah salah satu dari 76 anggota Kelompok Usaha Bersama (KUB) peternakan domba Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Jaya Amanah di Bandung.

Sejak kehadiran KSM KUB Jaya Amanah di Desa Pangauban, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung pada tahun 2019, Ahmad Shidiq telah aktif mengikuti berbagai kegiatan dan pelatihan tentang cara beternak.

Ini telah memungkinkannya untuk meningkatkan penghasilannya dan menjadi peternak mandiri.

Agus Salim, Dasamas LAZ Al Azhar, menjelaskan bahwa pendampingan ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari pengenalan program, penyaluran bantuan modal usaha, proses pemeliharaan, hingga proses penjualan.

“Kami tidak hanya melakukan pendampingan di sektor ekonomi saja, namun kami juga berikhtiar untuk terus membersamai masyarakat pada sektor keagamaan sebagai bagian penting pondasi dalam kehidupan,” ujarnya.

Ahmad Shidiq saat ini memelihara sepuluh ekor domba KSM, dengan tujuh ekor domba sistem fattening dan tiga ekor domba breading.

“Alhamdulillah, saat ini saya memiliki 3 ekor jantan dan 4 betina domba pribadi. Semuanya hasil tabungan dan hasil persentase dari bagi hasil bersama KSM,” ungkap Ahmad.

Program pemberdayaan LAZ Al Azhar ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian ekonomi keluarga dengan memaksimalkan potensi sumber daya yang ada.

Ini merupakan contoh nyata bagaimana pendampingan yang tepat dapat membantu individu dan komunitas untuk mencapai kemandirian ekonomi.

(*/red)

Baca Juga:  Kisah Sukses Frista, Anak Pekerja Laundry yang Berkarir di Perusahaan IT Ternama
- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments