BerandaEkonomiPeran Strategis Menara Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Banten

Peran Strategis Menara Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Banten

TANGERANG – Pada hari Senin, 20 Mei 2024, Al Muktabar, Penjabat Gubernur Banten, menyambut peserta Anugerah Adinata Syariah dari seluruh provinsi di Indonesia. Acara ini diadakan di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kabupaten Tangerang. Provinsi Banten telah menjadi pusat untuk peningkatan ekonomi dan keuangan syariah.

Anugerah Adinata Syariah adalah acara yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Tujuan acara ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi yang telah berinisiatif dalam mengembangkan potensi ekonomi syariah di wilayah mereka.

Menurut Al Muktabar, Menara Syariah adalah bagian dari pusat peradaban Islam di Indonesia dan bahkan di dunia dalam hal penerapan dan peningkatan ekonomi dan keuangan syariah.

“Di sini, kami telah membangun sistem yang mengoptimalkan lembaga-lembaga keislaman dalam hal keuangan dan ekonomi syariah, dengan berbagai dukungan, sehingga terwujud Islam yang rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Al Muktabar melanjutkan, kawasan ini, yang luasnya 1.755 hektar, telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Ini juga mencakup 12 mil laut yang menjadi kewenangan Provinsi, yang akan kita gunakan untuk pengembangan kawasan ini.

“Ini adalah upaya kami untuk mengurangi angka pengangguran di Provinsi Banten. Dengan adanya kawasan-kawasan ekonomi dan bisnis seperti ini, daerah-daerah sekitar akan merasakan dampak positifnya,” jelas Al Muktabar.

Dia menambahkan bahwa perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Banten terus mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan. Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total aset perbankan syariah di Provinsi Banten pada akhir tahun 2023 telah meningkat menjadi Rp1,4 triliun, dibandingkan dengan tahun 2022 yang sebesar Rp1,243 triliun.

“Dan kita akan terus mendorong ini untuk ditingkatkan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih besar oleh masyarakat,” kata Al Muktabar.

Baca Juga:  Hal Sepele Yang Bisa Membuat Gen Z Tersinggung

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, sektor keuangan dan ekonomi syariah sangat penting dalam menopang ketahanan ekonomi Indonesia di tengah tekanan kondisi ekonomi global. Oleh karena itu, sektor ini harus mampu menjadi bagian penting dari transformasi ekonomi menuju Indonesia Emas 2045.

“Untuk mencapai tujuan ini, pembangunan infrastruktur dan kelembagaan yang kuat menjadi prioritas dalam lima tahun ini,” pungkasnya.

(her/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments