More
    BerandaTeknologiIndonesia Puncaki Daftar Pengguna Paling Aktif Perangkat Mobile di Dunia: Laporan State...

    Indonesia Puncaki Daftar Pengguna Paling Aktif Perangkat Mobile di Dunia: Laporan State of Mobile 2024 dan Tips Mengurangi Kecanduan

    - Advertisement -

    DISTRIKBANTENNEWS.COM – Menurut survei terbaru, warga Indonesia ternyata adalah pengguna paling aktif perangkat mobile di dunia. Laporan “State of Mobile 2024” yang diterbitkan oleh Data.ai menunjukkan bahwa pada tahun 2023, warga Indonesia menghabiskan rata-rata 6,05 jam setiap hari menggunakan perangkat mobile seperti ponsel dan tablet.

    Indonesia adalah satu-satunya negara di mana warganya menghabiskan lebih dari 6 jam sehari di perangkat mobile. Di posisi kedua adalah Thailand dengan 5,64 jam per hari, dan Argentina di posisi ketiga dengan 5,33 jam per hari.

    Meski begitu, penggunaan perangkat mobile di Indonesia sebenarnya menurun dibandingkan tahun 2022, di mana warga Indonesia menghabiskan waktu hingga 6,14 jam per hari.

    Selain itu, Indonesia juga berada di posisi kelima dalam hal jumlah download aplikasi, dengan total sekitar 7,56 miliar kali download aplikasi sepanjang tahun 2023. Sementara itu, China memimpin dalam hal ini dengan total 113,41 miliar kali download aplikasi dalam setahun.

    Namun, meski nomor satu dalam penggunaan perangkat mobile, Indonesia bukan yang teratas dalam penggunaan aplikasi mobile. Warga Indonesia “hanya” menghabiskan 415 miliar jam sepanjang 2023 di aplikasi mobile, berada di posisi ketiga. India adalah yang teratas dalam hal ini, dengan total 1,19 triliun jam penggunaan aplikasi mobile.

    Jika Anda merasa kecanduan perangkat mobile, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

    1. Hindari penggunaan perangkat mobile saat berjalan atau berkendara.
    2. Batasi waktu penggunaan perangkat mobile, misalnya maksimal tiga jam sehari.
    3. Jangan gunakan perangkat mobile saat sedang bersama orang lain.
    4. Tentukan area bebas perangkat mobile, seperti kamar mandi, dapur, atau kamar tidur.
    5. Gantilah waktu penggunaan perangkat mobile dengan aktivitas yang lebih sehat, seperti berolahraga atau membaca buku. Hindari juga penggunaan perangkat mobile sebelum tidur.

    Tips ini juga bisa diterapkan untuk anak-anak, dan penting untuk mendampingi mereka saat menggunakan perangkat mobile agar tidak mengganggu aktivitas belajar dan prestasi akademik mereka. Selamat mencoba!

    *her/red

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Must Read

    - Advertisement -

    Related News

    - Advertisement -