More
    BerandaFeature10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Ayam Kate

    10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Ayam Kate

    - Advertisement -

    DISTRIKBANTENNEWS.COM – Ayam kate yang dikenal juga dengan ayam katai ini memiliki bentuk tubuh yang mini dan menarik sehingga lebih banyak dimanfaatkan sebagai ayam hias atau ayam yang diikutkan lomba. Ayam ini jarang dijadikan ayam pedaging. Paling-paling telurnya yang selain digunakan untuk budidaya juga dijadikan bahan makanan karena rasanya yang enak dan bergizi.

    selain itu ayam ini juga di kenal sebagai ayam bantam karena pertama kali ditemukan di pelabuhan Bantam, salah satu pelabuhan di pulau Jawa yang sekarang merupakan bagian dari Provinsi Banten.

    Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik seputar ayam katai:

    1. Ayam Asli Banten-indonesia. Ayam kate atau ayam katai atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Bantam chicken, pertamakali ditemukan oleh para pedagang Eropa, sekitar tahun 1700an di pelabuhan di pulau Jawa bernama Bantam, atau kita lebih mengenalnya sebagai Karesidenan Banten, atau sekarang Provinsi Banten.
    2. Ayam katai termasuk golongan burung, tetapi tidak bisa terbang tinggi karena daya angkat sayapnya lebih kecil daripada berat badannya.
    3. Ayam katai adalah hewan berdarah panas, yang artinya suhu tubuhnya tidak mudah berubah mengikuti suhu lingkungan. Ayam katai bisa bertahan hidup dalam kondisi udara yang cukup dingin.
    4. Ayam katai memiliki rentang usia hidup sekitar 10-12 tahun, tergantung dari kondisi lingkungan dan kesehatannya.
    5. Ayam katai adalah hewan diurnal, yang artinya aktif di siang hari dan istirahat di malam hari.
    6. Ayam katai memiliki dimorfisme seksual, yaitu perbedaan ciri-ciri fisik antara jantan dan betina. Ayam katai jantan biasanya lebih besar, memiliki jengger dan jalu yang lebih panjang, dan memiliki bulu ekor yang menjuntai.
    7. Ayam katai adalah hewan yang cerdas dan memiliki perasaan. Ayam katai bisa mengingat dan membedakan lebih dari 100 wajah sesama ayam maupun manusia. Ayam katai juga bisa berkomunikasi dengan menggunakan 30 macam suara yang berbeda.
    8. Ayam katai berkomunikasi dengan anak-anaknya sebelum mereka menetas. Ayam katai juga merawat dan melindungi anak-anaknya dengan sepenuh hati.
    9. Ayam katai memiliki kemampuan bertelur yang baik dan sering dipilih oleh peternak untuk tujuan komersial. Daging dan telur ayam katai memiliki nilai gizi yang tinggi.
    10. Ayam katai juga bermanfaat sebagai pengendali hama alami. Ayam katai memiliki insting alami untuk mencari dan memakan serangga, larva, dan hama lainnya.

    Bagaimana meneurutmu, menarik bukan? apa lagi yang kamu ketahui perihal ayam ini, komentar di bawah ya. salam lestari. salam literasi.

    *red

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Must Read

    - Advertisement -

    Related News

    - Advertisement -