BerandaBerita Utama23 Mei 2024, Hari Apa Sih, Gengs? Yuk, Kita Cek!

23 Mei 2024, Hari Apa Sih, Gengs? Yuk, Kita Cek!

SERANG – Yuk, kita bahas seru-seruan tentang libur nasional tanggal 23 Mei 2024. Jadi, apa sih yang kita rayakan di tanggal itu? Yuk, kita cari tahu apa yang ada di balik tanggal 23 Mei.

Hari Raya Waisak

Tanggal 23 Mei 2024, kita nggak sekedar libur, tapi kita merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 Era Buddha (BE), yang jadi momen penting buat teman-teman kita yang beragama Buddha. Meski Indonesia bukan negara dengan mayoritas penduduk Buddha, kita tetap ikut merayakan dan menetapkan hari tersebut sebagai hari libur, lho.

Tema Hari Raya Waisak 2024

Dari info resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI, ada tema keren yang ditetapkan untuk merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE/2024, yaitu “Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia”. Keren, kan?

Beberapa lembaga keagamaan Buddha juga punya sub-tema sendiri, seperti:

– Sangha Agung Indonesia (SAGIN) dengan tema “Keharmonisan Merupakan Pedoman Hidup Berdampingan Dalam Berbangsa”.
– Sangha Theravada Indonesia (STI) dengan tema “Memperkokoh Persatuan dalam Keberagaman”.
– Perwalian Umat Buddha Indonesia (WALUBI) dengan tema “Untuk Hidup Bahagia Sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran yang diajarkan oleh Sang Buddha”.

Peringatan Lain di Tanggal 23 Mei

Selain Hari Raya Waisak, ada juga peringatan lain di tanggal 23 Mei, yaitu Hari Kura-kura dan Penyu Sedunia. Hari ini diperingati sebagai bentuk gerakan sosial untuk menyelamatkan spesies kura-kura dan penyu yang mulai terancam punah.

Hari Kura-Kura & Penyu Sedunia

Dilansir dari website resmi Pemerintah Kota Malang, Hari Kura-kura dan Penyu Sedunia pertama kali diselenggarakan pada tanggal 23 Mei 1990 untuk menyoroti situasi yang mengkhawatirkan karena spesies kura-kura dan penyu terancam punah akibat ancaman lingkungan, perburuan, dan pencurian telur. Ini adalah pengakuan atas perlunya perlindungan dan pelestarian terhadap makhluk-makhluk yang rentan ini.

Bulan Mei dipilih karena di bulan ini adalah salah satu periode tersibuk bagi kura-kura yang bangun dari tidur panjang selama musim dingin untuk kemudian mulai mencari pasangan dan tempat untuk berkembang biak.

Nah, itulah info seru tentang hari libur dan peringatan lain di tanggal 23 Mei. Semoga bermanfaat, ya! Keep positive and stay awesome!

Baca Juga:  Banten Bergerak Menuju Pusat Halal Indonesia

(red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments