BerandaBerita UtamaPembinaan Antikorupsi di Sekolah: Pj Gubernur Banten dan KPK Kolaborasi dalam Pendidikan...

Pembinaan Antikorupsi di Sekolah: Pj Gubernur Banten dan KPK Kolaborasi dalam Pendidikan Integritas

SERANG, DISTRIKBANTENNEWS.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten mengikuti pembinaan dan penyuluhan antikorupsi untuk kepala sekolah SMA/SMK/SKH Negeri di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten melalui Virtual Zoom pada Kamis, 22 Februari 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari mandatory Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berupaya memaksimalkan penanaman nilai antikorupsi di masyarakat, khususnya pada sektor pendidikan.

Gubernur Al Muktabar menekankan pentingnya peran kepala sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai antikorupsi. Sebagai pengambil kebijakan di sekolah, kepala sekolah dapat menjadi ujung tombak dalam menyosialisasikan perilaku antikorupsi.

“Kepala sekolah bisa memperluas cakupan itu. Mengkolaborasikan mata pelajaran, membentuk karakter siswa dalam proses pembelajaran kognitif, afektif, dan psikomotoriknya,” jelas Al Muktabar.

Ia juga berharap bahwa penyuluhan ini dapat menanamkan sistem nilai di sekolah yang mengedepankan nilai-nilai antikorupsi, sehingga dapat mencetak generasi muda yang paham antikorupsi.

Sementara itu, Sekretaris Inspektorat Provinsi Banten Ratu Syafitri Muhayati menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendidikan korupsi yang berperan dalam meningkatkan nilai-nilai integritas. Dengan demikian, nilai-nilai tersebut tidak hanya dipahami dan dilakukan secara normatif, tetapi juga terinternalisasi kepada seluruh warga sekolah dan menjadi kebiasaan.

Dengan terus digaungkannya nilai-nilai integritas kepada para pemangku kebijakan di sekolah, diharapkan dapat melahirkan kebiasaan yang baik. Sehingga semua aktivitas di sekolah memberikan dampak yang baik kepada siswa. (*)

(mar/red)

Baca Juga:  Apel HAB Kanwil Kemenag Banten: Indonesia Hebat Bersama Umat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments