BerandaPemerintahanBupati Serang Raih Anugerah PWI 2024 untuk Pengembangan Silat

Bupati Serang Raih Anugerah PWI 2024 untuk Pengembangan Silat

SERANG, DISTRIKBANTENNEWS.COM – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, telah meraih Anugerah PWI 2024, menjadi satu dari enam kepala daerah yang dihargai pada peringatan Hari Pers Nasional di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta.

Ratu Tatu Chasanah meraih penghargaan ini atas kontribusinya dalam pengembangan silat, warisan budaya takbenda UNESCO. Ia telah sukses mengembangkan budaya silat di Banten, dengan menciptakan Jurus Silat Kaserangan.

Jurus ini diciptakan oleh 13 sesepuh pendekar dari 12 aliran silat di Kabupaten Serang pada tahun 2017. Sejak diciptakan, Festival Silat Kaserangan digelar secara rutin. Festival ini pertama kali pada 20 Agustus 2017, Pemkab menerima rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Silat Kaserangan kini ditampilkan pada berbagai kegiatan pemerintah maupun swasta, menjadi bahan ajar muatan lokal di sekolah, hingga menjadi seragam Silat Kaserangan sebagai salah satu pakaian dinas Pemda Kabupaten Serang.

Untuk melindungi ciptaan atau hak cipta sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, Jurus Silat Kaserangan telah didaftarkan kepada Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Pada Maret 2022, secara resmi sudah tercatat dan memiliki Hak Cipta di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor pencatatan: 000337054.

Kini, Silat Kaserangan tidak hanya dikenal di tingkat nasional. Jurus Silat Kaserangan berhasil meraih juara dalam Even Internasional Pencak Silat Championship 2021 di Belanda.

Ratu Tatu Chasanah menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan PWI. Ia berkomitmen akan terus bekerja sama dengan pers dalam pembangunan daerah.

“Semua capaian, baik keberhasilan program pembangunan maupun penghargaan yang kami raih, merupakan hasil sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk dari teman-teman pers,” ujarnya. (*)

Baca Juga:  Hadiri Pembukaan GIIAS 2023, Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Industri Otomotif Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Daerah

(her/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments