More
    BerandaTravelKampung Baduy: Jendela ke Kehidupan Tradisional Suku Asli Banten

    Kampung Baduy: Jendela ke Kehidupan Tradisional Suku Asli Banten

    - Advertisement -

    LEBAK, DISTRIKBANTENNEWS.COM – Provinsi Banten, yang sering menjadi tujuan wisata bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya, memiliki berbagai potensi wisata. Salah satu tempat yang menarik di Banten adalah Kampung Baduy.

    Kampung Baduy adalah rumah bagi Suku Baduy, suku asli Banten yang hidup tanpa teknologi modern meski dunia sekitar mereka terus berkembang. Kampung ini terletak di Kabupaten Lebak dan terbagi menjadi dua bagian: Baduy Dalam dan Baduy Luar. Baduy Dalam lebih tertutup terhadap dunia luar, sementara Baduy Luar lebih terbuka.

    Menurut masyarakat Banten, nama “Baduy” memang memiliki beberapa penafsiran menurut masyarakat Banten. Beberapa orang percaya bahwa nama tersebut berasal dari sungai di sana yang bernama “Cibaduy”. Sementara itu, ada juga yang berpendapat bahwa kata “Baduy” berasal dari kata “Baduyut”, yang merujuk pada banyaknya pohon Baduyut yang tumbuh di tempat tinggal mereka. Ini menunjukkan betapa kaya dan beragamnya budaya dan sejarah suku Baduy.

    Di kampung ini, Anda akan disajikan pemandangan alam yang masih asli dan indah. Penduduknya yang ramah membuat Anda akan merasa nyaman dan betah tinggal cukup lama di sana. Selain itu, gadis-gadis di Kampung Baduy dikenal memiliki paras yang cantik.

    Foto: Instagram/erwinhzinade

    Suku Baduy masih sangat memegang teguh adat Sunda dan merupakan salah satu suku asli di Banten. Kampung Baduy di Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki kurang lebih 26.000 jiwa dan terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam.

    Ada berbagai oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang dari suku Baduy, seperti tas Baduy dan madu Baduy.

    Selain itu, Banten juga memiliki sejumlah tempat wisata lainnya yang sangat menarik dan mengagumkan yang wajib Anda kunjungi.

    Berikut adalah beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan Kampung Baduy di Lebak, Banten:

    1. Kebun Teh Cikuya: Terletak di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Kebun teh ini pernah mendapat penghargaan sebagai teh terbaik di dunia.
    2. Pantai Karang Bokor: Pantai ini berada di Desa Sawarna, Bayah, Lebak. Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan karang besar di tengah laut yang menjadi ikon pantai Karang Bokor.
    3. Pantai Pasir Putih Sawarna: Pantai ini dikenal memiliki ombak yang unik karena gulungan ombaknya akan mengecil di bibir pantai dan bisa dimainkan oleh wisatawan.

    Itulah beberapa tempat yang berdekatan dengan wisata Kampung Baduy Lebak yang bisa Anda kunjungi. Selamat berlibur!

    *her/red

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Must Read

    - Advertisement -

    Related News

    - Advertisement -