BerandaCilegonSudah Tahu Belum? 6 Fakta Unik dan Menarik Tentang Kota Cilegon

Sudah Tahu Belum? 6 Fakta Unik dan Menarik Tentang Kota Cilegon

DISTRIKBANTENNEWS.COM – Cilegon adalah kota yang terletak di Provinsi Banten, di ujung barat laut Pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Kota ini dikenal sebagai kota industri yang berjuluk sebagai kota Baja, karena Cilegon merupakan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara.

Kawasan industri itu juga menjadi salah satu objek vital yang dimiliki Cilegon. Selain itu, terdapat Pelabuhan Merak, PLTU Suralaya, Pelabuhan Cigading Habeam Centre, PLTU Krakatau Daya Listrik, (Rencana) Pembangunan Jembatan Selat Sunda dan (Rencana) Kawasan Industri Berikat Selat Sunda, dan Krakatau Tirta Industri Water Treatment Plan, yang terdaftar sebagai objek vital.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik dan menarik tentang kota Cilegon:

  1. Cilegon berperan penting di masa Kerajaan Banten. Pada masa Sultan Ageng Tirtayasa (Tahun 1651-1672), Cilegon adalah sebuah kampung kecil di bawah kekuasaan Kerajaan Banten. Pada saat itu, Cilegon berupa tanah rawa yang belum banyak didiami penduduk. Sejak masa Kerajaan Banten, dilakukan pembukaan daerah yakni Serang dan Cilegon, yang kemudian menjadi jalur perlintasan antara Pulau Jawa dan Sumatera.
  2. Cilegon memiliki kawasan pemukiman yang beragam. Ada beberapa kampung adat yang masih mempertahankan tradisi dan budaya lokal, seperti Kampung Naga, dan Kampung Cikadu. Ada juga kampung modern yang menjadi tempat tinggal para pekerja industri, seperti Citra Garden, Krakatau Steel City, dan Cilegon Green Megablock.
  3. Cilegon memiliki banyak objek wisata yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Anyer, yang memiliki pasir putih dan pemandangan indah. Pantai Anyer juga menjadi lokasi bersejarah, karena di sana terdapat Mercusuar Anyer, yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1885 sebagai tanda peringatan letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Selain Pantai Anyer, ada juga Pantai Karang Bolong, Pantai Pasir Putih, Pantai Carita, dan Pulau Sangiang, yang menawarkan keindahan alam dan keanekaragaman hayati.
  4. Cilegon memiliki kuliner khas yang lezat. Salah satunya adalah sate bandeng, yang terbuat dari daging ikan bandeng yang dibumbui dengan bumbu kacang dan disajikan dengan lontong. Sate bandeng merupakan makanan khas Banten yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Banten. Selain sate bandeng, ada juga nasi uduk Cilegon, yang merupakan nasi uduk yang dicampur dengan ayam goreng, telur, tempe, dan sambal.
  5. Cilegon memiliki iklim tropis yang hangat sepanjang tahun. Suhu rata-rata di Cilegon adalah 27°C, dengan curah hujan rata-rata 2.400 mm per tahun. Bulan terpanas di Cilegon adalah Oktober, dengan suhu rata-rata 29°C, sedangkan bulan terdingin adalah Juli, dengan suhu rata-rata 25°C².
  6. Cilegon memiliki potensi untuk menjadi kota yang maju dan berkelanjutan. Cilegon memiliki visi untuk menjadi kota industri yang mandiri, sejahtera, dan berwawasan lingkungan. Untuk mencapai visi tersebut, Cilegon melakukan berbagai upaya, seperti mengembangkan infrastruktur, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mendorong inovasi dan kreativitas, serta menjaga kelestarian lingkungan..
Baca Juga:  PNM dan Pemkot Cilegon Dorong Sukses UMKM Lewat Digitalisasi

Bagaimana Menurutmu, Apa Kamu pernsh mengunjungi Kota Cilegon. mungkin masih banyak fakta yang belum Admin tahu nih. coba tuliskan fakta apa lagi nih yang harus ditulis?

Salam Lestari, Salam Literasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments