Selasa, 17 September 2024 2:32 WIB
BerandaPendidikanKKM Uniba Kelompok 79 Adakan Gerakan Masjid Bersih di Tangerang

KKM Uniba Kelompok 79 Adakan Gerakan Masjid Bersih di Tangerang

- Advertisement -

TANGERANG – Kelompok 79 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Islam Banten (Uniba) telah melaksanakan kegiatan sosial bertajuk “Gerakan Masjid Bersih” di Masjid Al-Ijtihad, Kampung Sidoko, Desa Sidoko, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang. Sabtu, (31/8/24). Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan utama untuk membersihkan masjid dan meningkatkan kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah.

Kegiatan ini tidak hanya fokus pada pembersihan fisik masjid, tetapi juga dilandasi oleh nilai-nilai keagamaan yang kuat. Sejalan dengan hadis yang berbunyi “Kebersihan adalah sebagian dari iman,” para mahasiswa ingin mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan, khususnya di tempat-tempat ibadah. Kebersihan masjid tidak hanya membuat suasana menjadi lebih nyaman, tetapi juga mencerminkan keimanan dan kepedulian umat terhadap rumah ibadah.

Selain kegiatan pembersihan, Kelompok 79 KKM Uniba juga memberikan bantuan berupa alat-alat kebersihan kepada Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ijtihad. Bantuan ini diberikan dengan harapan agar masjid dapat terus dijaga kebersihannya oleh jamaah setempat. Ketua Kelompok 79 KKM Uniba menekankan pentingnya menjaga kebersihan masjid secara rutin, dengan mengatakan, “Masjid yang bersih membuat ibadah menjadi nyaman, sebaliknya, jika masjid tidak bersih, ibadah pun menjadi tidak nyaman.”

Ia juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat diteruskan oleh warga setempat sebagai bagian dari budaya gotong royong yang sudah lama menjadi tradisi di masyarakat. “Kita berharap kegiatan Masjid Bersih ini dapat dilanjutkan oleh warga setempat, minimal dilakukan satu bulan sekali,” ujar Karnawi melalui keterangan tertulisnya, Selasa, (3/9/24).

Lebih lanjut, Ketua Kelompok 79 KKM Uniba mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan tidak hanya di dalam masjid, tetapi juga di lingkungan sekitarnya. “Semoga kegiatan ini bisa diteruskan oleh warga setempat untuk bergotong royong membersihkan masjid dan lingkungan di sekitar supaya indah dipandang dan nyaman untuk ditempati,” tambahnya.

Di akhir acara, ia juga berpesan agar alat-alat kebersihan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. “Alat-alat kebersihan yang telah kita berikan bisa dimanfaatkan dan dirawat sebaik-baiknya,” tutupnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan tempat ibadah, sehingga tercipta suasana yang kondusif dan nyaman bagi jamaah dalam menjalankan ibadah. (*)

Kontributor: Nawi

Editor: Mardiana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BERITA TERKINI

- Advertisment -

Recent Comments