BerandaEkonomiProvinsi Banten Catat Kinerja APBN dan Pembiayaan Proyek Strategis Nasional yang Mengesankan...

Provinsi Banten Catat Kinerja APBN dan Pembiayaan Proyek Strategis Nasional yang Mengesankan di Tahun 2024

SERANG – Provinsi Banten telah mencatat kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang mengesankan hingga 30 April 2024, dengan pendapatan negara yang tumbuh positif dan pertumbuhan realisasi belanja negara (yoy).

Pimpinan Kemenkeu Regional Banten, termasuk Plt. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten, M. Dody Fachrudin, Kepala Kanwil Ditjen Pajak Provinsi Banten, Cucu Supriatna, Kepala KPU Bea dan Cukai Soekarno Hatta, Gatot Sugeng W., dan Kepala Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Banten, Djanurindro Wibowo, mengumumkan hasil ini dalam siaran pers yang diselenggarakan secara online melalui Microsoft Teams Meeting pada hari Rabu, (29/5/24).

Dody melaporkan bahwa pendapatan negara Provinsi Banten telah mencapai Rp31,51 Triliun hingga 30 April 2024, menunjukkan pertumbuhan sebesar 12,02% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan pendapatan dari beberapa komponen seperti Pajak dan Bea Cukai serta PNBP.

Belanja Negara Provinsi Banten juga tumbuh, mencapai Rp8,89 Triliun hingga 30 April 2024, naik 14,86% dari tahun sebelumnya. Belanja ini terdiri dari Belanja Pemerintah Pusat / Belanja Kementerian Lembaga (K/L) dan Transfer Ke Daerah (TKD).

Pembiayaan Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di Provinsi Banten telah mencapai angka yang mengesankan hingga bulan April 2024. Total pembiayaan yang telah terealisasi mencapai Rp41,46 Miliar, yang terbagi atas beberapa proyek penting.

Proyek Sarana dan Prasarana Air Baku Karian mendapatkan pembiayaan sebesar Rp20,80 Miliar, sementara Bendungan Kairan mendapatkan pembiayaan sebesar Rp18,76 Miliar. Jalan Tol Serang-Panimbang juga mendapatkan bagian dari pembiayaan ini dengan dana sebesar Rp1,89 Miliar.

Dengan penambahan pembiayaan ini, total realisasi PSN oleh LMAN dari bulan Januari hingga April 2024 telah mencapai Rp312,61 Miliar.

Baca Juga:  Tingkatkan Ekonomi KPM, Pemprov Banten Salurkan Bantuan Ke Masyarakat Kabupaten Tangerang

Ini menunjukkan komitmen kuat dari pemerintah dalam mendukung dan membiayai proyek-proyek strategis di Provinsi Banten. Pembiayaan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut.

Untuk pembiayaan PSN oleh LMAN di Provinsi Banten di bulan April tahun 2024, sudah terealisasi pembiayaan sebesar Rp41,46 Miliar, yang terbagi atas Sarana dan Prasarana Air Baku Karian sebesar Rp20,80 Miliar, Bendungan Kairan Rp18,76 Miliar, dan Jalan Tol Serang-Panimbang Rp1,89 Miliar.

Sehingga total realisasi PSN oleh LMAN dari bulan Januari s.d April sebesar Rp312,61 Miliar.

Ini menunjukkan komitmen kuat dari pemerintah dalam mendukung dan membiayai proyek-proyek strategis di Provinsi Banten. Pembiayaan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut.

(red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments