BerandaEkonomiAnugerah Adinata Syariah 2024: Arahan Strategis Wapres K.H. Ma'ruf Amin untuk Pengembangan...

Anugerah Adinata Syariah 2024: Arahan Strategis Wapres K.H. Ma’ruf Amin untuk Pengembangan Ekonomi Syariah

TANGERANG – Pada Senin (20/5/2024), Anugerah Adinata Syariah kembali diselenggarakan di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk, Tangerang. Acara ini merupakan bentuk penghargaan kepada pemerintah provinsi yang telah berinisiatif dalam mengembangkan ekonomi syariah di wilayah mereka.

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), hadir dalam acara tersebut.

Wapres memberikan tiga arahan strategis kepada kepala daerah yang hadir. Ia mengatakan, “Pertama, optimalkan otonomi daerah sebagai peluang untuk merancang dan mengimplementasikan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah, sesuai kondisi lokal.”

Ia juga menekankan pentingnya ekonomi dan keuangan syariah menjadi salah satu tema dalam perencanaan pembangunan daerah jangka panjang dan menengah.

Adopsi model ekonomi dan keuangan syariah yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat setempat,” tambahnya.

Selanjutnya, Wapres meminta pemimpin daerah, dari tingkat provinsi hingga desa, untuk memperkuat dukungan mereka terhadap ekonomi dan keuangan syariah.

Ciptakan regulasi dan kelembagaan yang kondusif, termasuk bentuk lembaga keuangan syariah lokal dan kembangkan infrastruktur pendukung,” pintanya.

Ia juga berharap agar pemimpin daerah dapat meningkatkan akses pembiayaan syariah bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan usaha berbasis komunitas masyarakat.

Dorong pengembangan industri halal, tarik investasi dengan promosikan potensi wilayah, serta pastikan infrastruktur logistik dan distribusi memadai,” tegasnya.

Sebagai arahan terakhir, Wapres meminta pemerintah daerah untuk mendorong peningkatan literasi masyarakat tentang ekonomi dan keuangan syariah.

Bangun kolaborasi guna meningkatkan penelitian dan pengembangan di sektor-sektor unggulan ekonomi syariah,” pungkasnya.

Plt. Direktur KNEKS Taufik Hidayat melaporkan bahwa Anugerah Adinata Syariah 2024 mengusung 10 kategori, sama seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga:  LAZ Al Azhar Gelar Zakat Day dengan Tema Digital Economic Transformation

“Setiap sektor kategori memiliki dimensi indikator penilaian yang beragam dan dilihat dari aspek regulasi maupun realisasi dan juga organisasi jumlah program maupun dampak program dan sebagainya,” urai Taufik.

Pemenang pertama Adinata Syariah tahun ini adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh untuk kategori keuangan syariah; Pemprov Sumatera Barat untuk kategori industri halal; Pemprov Jawa Barat untuk kategori keuangan sosial syariah; Pemprov Jawa Timur untuk kategori keuangan mikro syariah; Pemprov Jawa Barat untuk kategori pendidikan ekonomi syariah dan pemberdayaan ekonomi pesantren; Pemprov DKI Jakarta untuk kategori sektor ekonomi hijau dan keberlanjutan; Pemprov Sumatera Barat untuk kategori kelembagaan yang difokuskan pada pengembangan ekonomi syariah; Pemprov Sulawesi Selatan untuk kategori zona KHAS atau zona kuliner halal, aman, dan sehat; Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kategori program inkubasi usaha syariah, dan Pemprov Sumatera Barat untuk kategori program inovasi pada sektor ekonomi syariah.

Dalam acara tersebut, Wapres memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah sebagai perwakilan Pemerintah Daerah Sumatera Barat yang menjadi Juara Umum Adinata Syariah Tahun 2024.

Turut hadir dalam acara ini adalah Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari, dan Anggota Dewan Komisioner LPS Didik Madiyono. Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Plt. Deputi Bidang Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Robikin Emhas dan Masykuri Abdillah, serta Tim Ahli Wapres Iggi Haruman Achsien dan Farhat Brachma.

(her/red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments