BerandaPandeglangFakta Unik dan Menarik Seputar Gunung Karang

Fakta Unik dan Menarik Seputar Gunung Karang

DISTRIKBANTENNEWS.COM – Gunung Karang adalah salah satu gunung tertinggi di Provinsi Banten, yang memiliki sejarah dan kebudayaan yang kaya. Berikut adalah beberapa fakta menarik dan unik seputar gunung ini:

  1. Gunung Karang merupakan gunung berapi yang aktif, meskipun tidak seheboh gunung Krakatau yang pernah meledak setengah abad silam. Gunung ini memiliki potensi meletus, tetapi belum pernah tercatat meletus dalam sejarah..
  2. Gunung Karang juga menjadi tempat bersemayamnya roh-roh yang menjaga kelestarian alam sekitarnya. Warga sekitar percaya bahwa gunung ini memiliki keberkahan dan keamanan yang luar biasa. Di puncak gunung ini terdapat sebuah mesjid tua yang didirikan oleh Pangeran TB. Jaya Raksa, salah satu wali se-alam dunia.
  3. Gunung Karang menyimpan jejak peradaban masa lalu, seperti batu menhir dan situs pahoman di Pasir Peuteuy. Batu menhir adalah batu tegak yang diduga sebagai penanda makam atau tempat suci, sedangkan situs pahoman adalah bekas pemukiman yang bercorak Hindu-Budha.
  4. Gunung Karang memiliki keajaiban sumur tujuh, yang merupakan tujuan para pendaki dan peziarah. Sumur tujuh adalah sebuah sumur yang terletak di puncak gunung, yang konon memiliki air yang dapat mengabulkan hajat atau keinginan orang yang mandi atau mengambil air di sana.
  5. Gunung Karang memiliki dua jalur pendakian, yaitu jalur Kaduengang dan jalur Pagerwatu/Ciekek. Jalur Kaduengang lebih pendek namun lebih menantang, sedangkan jalur Pagerwatu/Ciekek lebih landai namun lebih panjang. Kedua jalur ini menawarkan pemandangan yang indah dan eksotis dari Gunung Karang.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang Anda cari. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang Gunung Karang, Anda dapat mengunjungi laman kami: distrikbantennews.com

salam lestari, Salam Literasi.

Baca Juga:  Sosialisasi Polda Banten Terkait Pelayanan Hak PNPP Kepada Siswa Diktuk Bintara Polri Gel II

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments