BerandaUncategorizedSABA BUDAYA BADUY DALAM AKAN TUTUP SELAMA 3 BULAN

SABA BUDAYA BADUY DALAM AKAN TUTUP SELAMA 3 BULAN

DBN – LEBAK
Sabtu 21/1/2023. mulai tanggal 24 Januari sampai 24 April 2023. kampung Baduy Dalam tidak menerima kunjungan wisata berdasarkan keputusan Tangtu Tilu Jaro Tujuh Lembaga Adat Masyarakat Desa Kanekes, Kecamatan Lewuidamar Baduy Dalam, (Kp. Cibeo, Cikeusik, Cikartawana) ditutup Selama Kawalu.
Menurut penanggalan masyarakat Baduy  pada bulan Kasa, Karo, dan Katiga. Suku Sunda ini melakukan Ritual Kawalu. Ritual ini salah satu ritual yang sakral untuk suku Baduy.  Ritual ini sudah berlangsung ratusan tahun yang lalu. dan wajib dilaksanakan oleh kaum laki-laki ataupun terutama yang telah di khitan atau yang telah dewasa. konon jika ritual ini di langgar akan menyebabkan kebendon atau sangsi adat yang membawa malapetaka. 
Dalam prosesnya Pada Minggu pertama masyarakat suku Baduy akan berburu bajing untuk dijadikan syarat sebagai buka puasa pada hari terakhir Kawalu. setelah itu setiap tanggal 18 dalam 3 bulan Kawalu masyarakat suku Baduy  berpuasa. pada puncak Kawalu masyakat akan menggelar syukuran dengan buka puasa bersama menyantap daging bajing buruan yang telah dikeringkan. 

Upacara suci itu dipusatkan di tiga kampung tangtu (Baduy Dalam) dengan tiga Puun dimasing-masing kampung yakni Cibeo, Cikeusik dan Cikertawana. Pelaksanaan upacara Kawalu bertempat di Bale yang lokasinya tak jauh dari tempat tinggal Puun (pemangku adat).   Mereka masyarakat Baduy Dalam maupun Baduy Luar dapat berkumpul dan memenuhi bale itu.   Dalam pelaksanaan upacara Kawalu ini, Puun dibantu oleh para Jaro Tujuh dan Baresan Palawari sebagai panitia pelaksana.
karena sakralnya ritual ini. masyarakat Baduy tidak menerima tamu dari luar kecuali ada kepentingan dengan puun atau ketua adat. semua aktivitas Wisata/Saba Budaya Baduy Dalam ditutup sementara sampai Ritual Adat ini Selesai. namun kita masih bisa mengunjungi Perkampungan Baduy Luar. 

( red Mardiana )
Baca Juga:  Helldy Lantik 48 RT dan RW se-Kelurahan Masigit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments