BerandaBerita UtamaLAZ Al Azhar Gelar Pelatihan Sembelih Halal Menyambut Hari Raya Iduladha 1445...

LAZ Al Azhar Gelar Pelatihan Sembelih Halal Menyambut Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah

Pada hari Sabtu, (08/6/24), Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar dan Juru Sembelih Halal (Juleha) telah mengadakan acara Pelatihan Sembelih Halal. Acara ini diadakan di Kampus Rumah Gemilang Indonesia (RGI), Sawangan Depok, di Aula Nurhayati, dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, sebagai persiapan menyambut Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah.

Mohamad Hasan, Direktur Eksekutif LAZWaf Al Azhar, dan Daram, Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat YPI Al Azhar, turut hadir dalam acara tersebut. Mohamad Hasan dalam sambutannya menekankan pentingnya pelatihan sembelih halal ini, “Pelatihan ini memberikan kita pengetahuan dari para ahli, yaitu Juru Sembelih Halal. Pengetahuan ini sangat bermanfaat bagi kita, terutama bagi keluarga kita. Kita semua perlu memahami cara menyembelih hewan, cara melepaskan hewannya, dan lainnya. Semua ini akan kita pelajari di sini,” ungkapnya.

Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta tentang cara penyembelihan hewan ternak yang sesuai syariat. Daram, Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat YPI Al Azhar, menambahkan, “Kita tidak hanya perlu membeli hewan ternak. Kita juga harus memahami cara menyembelihnya, karena ini adalah bagian dari ibadah dan harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah, seperti saat menyembelih harus menyebut nama Allah, hewan harus diperlakukan dengan baik, tidak boleh menyakiti, dan lain sebagainya.”

Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti acara ini. Ahmad Tamami Husein dari Juleha memberikan banyak pengetahuan tentang cara memilih hewan kurban yang sehat, pentingnya mengistirahatkan hewan kurban sebelum disembelih, ciri-ciri hewan yang stres, persyaratan pisau sembelihan, hingga teknik merubuhkan hewan ternak yang akan disembelih.

Pelatihan ini juga mencakup materi tentang pasca sembelih kurban, mulai dari cara memisahkan daging sembelihan hingga cara penanganan daging kurban yang higienis.

Aris Mundandar, salah satu peserta, merasa senang dan puas dengan materi yang disampaikan. “Setelah mengikuti Pelatihan Sembelih Halal ini, saya merasa sangat beruntung. Materi dan praktik yang disampaikan sangat bermanfaat. Saya berharap LAZ Al Azhar dapat terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ujarnya.

Acara ini ditutup dengan doa dan foto bersama.

Baca Juga:  Kapolres Lebak Jajaran beserta  Sat Reskrim Polres Lebak berhasil amankan 5 Pelaku dan 14 Unit Sepeda Motor

 

(*/red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments