BerandaTipsBegini Cara Mudah Mengenali Kiwi yang Sudah Matang

Begini Cara Mudah Mengenali Kiwi yang Sudah Matang

SERANG – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara mengenali kiwi yang sudah matang. Sebagai informasi, kiwi bukanlah buah yang berasal dari daerah tropis. Kiwi merupakan buah yang berasal dari daerah subtropis di Tiongkok dan juga dikenal dengan sebutan gooseberry Cina. Dengan kata lain, kiwi termasuk dalam keluarga berry.

Ketika kiwi sudah matang, rasanya akan menjadi manis dan segar. Rasa kiwi sering kali diibaratkan seperti perpaduan antara nanas, stroberi, dan pisang. Rasanya yang manis, sedikit asam, dan sedikit tajam membuat kiwi menjadi tambahan yang sempurna untuk smoothie dan salad buah.

Bagian kiwi yang dapat dimakan meliputi kulit, daging, dan bijinya. Anda bisa memilih untuk menggigit seluruh bagian kiwi atau mengupasnya terlebih dahulu.

Kiwi yang masih mentah biasanya memiliki rasa yang asam. Jadi, jika Anda memakan kiwi terlalu cepat, rasanya akan mirip dengan buah jeruk. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kiwi sudah matang:

  1. Bentuknya bulat: Kiwi yang matang dan mentah memiliki warna cokelat, dan warna kulitnya tidak berubah saat buah tersebut matang. Oleh karena itu, melihat penampilan kiwi saja tidak cukup untuk menentukan apakah buah tersebut sudah matang atau belum. Namun, Anda disarankan untuk memilih kiwi yang bentuknya bulat dan montok dibandingkan dengan kiwi yang bentuknya tidak beraturan.
  2. Bau yang manis: Mungkin Anda pernah melihat seseorang mencium bau kiwi di toko kelontong. Meskipun tampak aneh, namun ada alasan mengapa mereka melakukannya. Kiwi yang sudah matang biasanya memiliki aroma yang menyenangkan dan manis, sedangkan kiwi yang masih mentah tidak memiliki bau yang kuat. Oleh karena itu, coba hirup aroma kiwi dan percayalah pada indera penciuman Anda.
Baca Juga:  Kamu Perlu Tahu, Inilah Ciri-Ciri Hewan Ternakmu Sehat

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah kiwi sudah matang atau belum adalah dengan merasakannya. Kiwi yang sudah matang biasanya tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembut. Anda bisa mencoba meremas kiwi dengan lembut dan menekannya dengan ibu jari Anda untuk memeriksa apakah ada sedikit tekanan.

Kiwi yang masih mentah biasanya akan terasa keras, sedangkan kiwi yang terlalu matang akan terasa lembut. Anda tentunya menginginkan keseimbangan yang tepat antara kekerasan dan kelembutan buah kiwi.

(red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments