BerandaBerita UtamaPemkab Serang Luncurkan Inisiatif Pembinaan dan Pemberdayaan Paskibraka dan Kang Nong

Pemkab Serang Luncurkan Inisiatif Pembinaan dan Pemberdayaan Paskibraka dan Kang Nong

SERANG – Paskibraka, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, tidak hanya memiliki tugas mengibarkan bendera pada momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga merupakan program pembinaan calon pemimpin dengan karakter Pancasila.

Selain itu, ada juga Kang Nong. Untuk menjadi bagian dari Paskibraka atau Kang Nong, para generasi muda harus melalui proses seleksi yang ketat. Hal ini menjamin bahwa mereka yang terpilih memiliki karakter disiplin dan wawasan yang luas.

Untuk informasi, seleksi Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Serang saat ini berada di bawah naungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang. Sementara itu, seleksi Kang Nong Kabupaten Serang berada di bawah naungan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang.

Febrianto, Asisten Daerah (Asda) II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang, mengungkapkan bahwa setelah suksesnya beberapa seleksi dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Serang, seperti hasil penjaringan atau seleksi Kang Nong dan Paskibraka tingkat Kabupaten Serang, perlu adanya inisiatif untuk pembinaan dan pemberdayaan anggota.

“Setelah mendapatkan izin dari Ibu Bupati dan Pak Sekda, kami berencana untuk melibatkan mereka dalam berbagai event yang diselenggarakan oleh Pemkab Serang. Beberapa di antaranya adalah Pengibaran Bendera Merah Putih pada Hari Kemerdekaan Indonesia, Hari Jadi Kabupaten Serang, Event MTQ, bakti sosial, dan masih banyak lagi,” ungkapnya dalam keterangan tertulis pada Senin, 3 Juni 2024.

Menurut Febrianto, tantangan bagi generasi muda atau kaum Mileneal dan Gen Z saat ini bukanlah berperang atau mengusir penjajah.

“Namun, bagaimana mereka bisa menjadi kuat, siaga, dan ulet dalam mempertahankan budaya baik serta menjunjung tinggi nasionalisme dan religiusitas masyarakat Kabupaten Serang,” tuturnya.

(her/red)

Baca Juga:  Puluhan Bangunan Liar Dibongkar Satpol PP
- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments