BerandaKesehatanAkupresur: Teknik Sederhana untuk Meredakan Sakit Ringan

Akupresur: Teknik Sederhana untuk Meredakan Sakit Ringan

SERANG – Dalam dunia kesehatan, akupresur dikenal sebagai teknik penekanan di permukaan tubuh pada titik-titik akupuntur. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan jari, bagian tubuh lain, atau alat bantu yang berujung tumpul. Akupresur dapat meredakan beberapa sakit ringan seperti sakit kepala, nyeri punggung, dan mata lelah.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti, “Tentunya teknik ini sangat bisa dilakukan oleh masyarakat awam. Karena memang sangat sederhana, seperti memijat, tapi tekniknya lebih mengutamakan dengan menekan bagian jari atau dengan alat tumpul ke titik-titik akupuntur yang ada di tubuh manusia,” (2/4/2024).

Ati menjelaskan cara melakukan akupresur sesuai dengan Direktorat Tata Kelola Kesehatan Masyarakat, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Dengan menekan pada titik yang telah ditentukan sebanyak 30 kali hitungan. Cara ini juga dapat diulang beberapa kali sehari sesuai dengan kebutuhan. Dan kekuatan penekanan yang tepat adalah sampai 1/3 kuku ibu jari berwarna putih,” kata Ati.

Selain teknik tekan, akupresur juga bisa dilakukan dengan teknik cubit pada titik yang telah ditentukan selama 30 kali hitungan.

“Intinya teknik akupresur bisa dilakukan secara mandiri asalkan tahu titik-titik akupoint. Dan akupresur ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan,” tutur Ati.

Dengan demikian, akupresur menjadi salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan dan meredakan sakit ringan. (adv)

Baca Juga:  Sosialisasi Layanan/Kebijakan Pendapatan Asli Daerah/PAD Provinsi Banten
- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments