BerandaTipsTips dan Trik Beternak Ayam Bangkok

Tips dan Trik Beternak Ayam Bangkok

DISTRIKBANTENNEWS.COM – Ayam Bangkok merupakan jenis ayam laga dari Negara Thailand, ayam Bangkok memiliki ciri fisik yang kekar, tegap, dan berwibawa. Sampai saat ini ayam Bangkok sudah banyak di kembang biakan di beberapa negara Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia ayam Bangkok banyak di gemari oleh masyarakat karena memiliki harga jual yang tergolong mahal, dan sebatas hobi pecinta ayam di Indonesia.

Memelihara ayam Bangkok membutuhkan pengetahuan, perhatian, dan dedikasi yang cukup. Berikut adalah beberapa langkah penting untuk memelihara ayam Bangkok dengan benar berikut ini ulasan cara beternak ayam Bangkok

Pilih Indukan dan Pejantan dari Trah Juara

Memilih ayam Bangkok dengan garis keturunan yang jelas, seperti indukannya ini diharuskan sudah memiliki prestasi. apalagi jika tujuan pemeliharaannya untuk laga. ayam trah juara dapat terlihat dari ciri fisik atau postur dan tulangannya. Jika ayam pukul, pilihlah tulangan yang padat. Sedangkan, ayam jalu tidak begitu memperhatikan dari bobot tulangnya.

Utamakan Indukan dan Pejantan Memiliki Warna yang Cerah dan Sehat

Warna cerah pada bulu ayam menandakan kesehatan ayam tersebut. Jika Anda mencari Indukan yang sehat sebaiknya carilah yang memiliki bulu paling berkilau, bersih dan cerah.

Pilih Pejantan yang Memiliki Tubuh Tegap dan Perkasa

Sebagai ayam laga. ayam bangkok rata-rata memiliki postur tubuh yang bongsor. tapi tidak hanya bongsor untuk memilih yang paling unggul anda harus memperhatikan postur tubuhnya apakah berdiri tegap, gagah dan berotot.

Pilih Indukan Ayam yang Berusia 8 Bulan

Usia ini menandakan kematangan sel telur untuk siap di buahi, rata-rata ayam bangkok memiliki kematangan paling bagus pada usia 8 bulan.

Pilih Pejantan Berusia 1-3 Tahun

Selain betina, dalam membiakan ayam bangkok yang berkualitas juga perlu diperhatikan pejantannya. sel sperma ayam jantan rata-rata paling bagus itu di usia 1-3 tahu.

Baca Juga:  Cara Membentuk Grow Mindset pada Anak

Lakukan Perkawinan Ayam Pada Saat Pagi dan Sore Hari Pada Kandang Umbaran

waktu terbaik untuk mengawinkan ayam bangkok itu di pagi atau sore hari. karena pada malam hari itu biasanya waktu mereka untuk tertidur atau istirahat. sedangkan pada saat siang hari dikhawatirkan suhunya terlalu tinggi sehingga perkwainannya tidak maksimal.

Berikan Tambahan Sayuran pada Pakan Ayam Indukan Agar Ayam Menetas dengan Sempurna

pakan yang berkualitas akan berpengaruh pada gizi dan kesehatan ayam. sepertihalnya manusia dan makhluk hiduplainnya. ayam juga perlu gizi yang seimbang. tambahan sayur pada pakan terutama indukan yang sedang bertelur itu akan membuat telur yang di prodikainya menetas dengan sempurna.

Itulah pemaparan tentang tips beternak ayam bangkok.  sesuai dengan pengalaman kami berternak ayam Bangkok yang baik dan mudah dalam beternak. semoga info ini bermanfaat semoga anda sukses.

(Red/Imron Ramadhan)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments