BerandaBerita UtamaKecamatan Anyer Raih Juara Umum di MTQ ke-54 Kabupaten Serang 2024

Kecamatan Anyer Raih Juara Umum di MTQ ke-54 Kabupaten Serang 2024

SERANG – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, telah resmi menutup Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Serang tahun 2024, yang berlangsung dari Senin, 27 Mei hingga Kamis, 30 Mei 2024 di Pantai Florida, Kecamatan Cinangka. Dalam acara tersebut, Kecamatan Anyer berhasil meraih posisi juara umum.

Keputusan tersebut didasarkan pada surat keputusan dewan hakim MTQ ke-54 Kabupaten Serang dengan nomor 03/DH-MTQ-54/V/2024, yang dibacakan oleh Ketua Dewan Hakim, Muhamad Amin. Kecamatan Anyer berhasil meraih 34 juara, diikuti oleh Kecamatan Jawilan dengan 31 juara, Kibin dengan 30 juara, dan seterusnya.

Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, mengungkapkan bahwa fokus utama pihaknya adalah memberikan pembinaan kepada para juara MTQ ini untuk bersiap menghadapi MTQ tingkat Provinsi Banten pada Juli 2024 mendatang. “Kami berharap ajang MTQ ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk mempelajari Alquran. Dengan membaca Alquran dengan baik dan benar, kemudian memahami isinya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Menurut Bupati, Alquran adalah pedoman hidup, sehingga penting untuk dikuasai secara menyeluruh. “MTQ ini merupakan ajang untuk mempromosikan Al-Qur’an,” tambahnya.

Mengenai upaya untuk meraih prestasi tertinggi di MTQ Banten, Bupati mengatakan bahwa meski pelaksanaan MTQ Kabupaten Serang berakhir, semangat untuk memberikan pembinaan kepada qori dan qoriah tetap tinggi. “Yang terpenting adalah syiar Islam, syiar Alquran terus dilakukan kepada masyarakat,” ujarnya.

Bupati berharap dan menginstruksikan kepada semua pondok pesantren di Kabupaten Serang untuk memiliki qori dan qoriah dari anak-anak Kabupaten Serang. “Pondok pesantren di Kabupaten Serang yang cukup banyak ini bisa berbagi tugas melatih apa supaya lebih fokus dalam pelatihannya,” ucapnya.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Serang, Sugihardono, mengatakan bahwa tantangan terdekat dari MTQ Kabupaten Serang adalah MTQ Banten, yang akan diikuti oleh delapan kabupaten kota. “Alhamdulillah dari jumlah 971 peserta, semuanya ikut sampai tuntas dan melalui seleksi ketat para dewan hakim, hasil pleno tadi pagi sampai berakhir jam 10 telah menghasilkan juara satu, yaitu Anyer, kedua Jawilan, ketiga Kibin,” ujarnya.

Baca Juga:  Komunikasi Kunci Kondusifnya Investasi: Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam Peringatan Mayday 2024

Menurutnya, kualitas peserta merata di 29 kecamatan. Hal ini menjadi motivasi bagi santri di pondok pesantren, dimana setelah ini Bupati Serang menginstruksikan agar langsung dilakukan pembinaan pada semua pondok pesantren di Kabupaten Serang.

Camat Anyer, Imron Ruhyadi, mengaku bersyukur bahwa pada MTQ ke-54 Kabupaten Serang, Anyer berhasil meraih prestasi juara umum. “Prestasi ini dipersembahkan untuk masyarakat Anyer. Pada pemdes, kafilah, official dan LPTQ yang sudah berjuang sangat keras sehingga Anyer meraih juara umum,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah siap untuk ajang MTQ Banten. Pihaknya akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan LPTQ Kabupaten Serang dalam rangka persiapan pembinaan qori dan qoriah yang akan mewakili Kabupaten Serang di Provinsi Banten. “Kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait tentunya,” ujarnya.

(her/red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments