BerandaBerita UtamaBanjir Besar di Desa Tanjung Burung Kabupaten Tangerang: Lebih dari Seribu Rumah...

Banjir Besar di Desa Tanjung Burung Kabupaten Tangerang: Lebih dari Seribu Rumah Terendam, Lansia dan Balita Mengungsi

TANGERANG – Banjir besar telah melanda Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, merendam sebanyak 1.070 rumah yang dihuni oleh 1.333 kepala keluarga. Banjir ini mulai menggenangi empat kampung di desa tersebut sejak Sabtu (25/5/2024) pukul 13.40 WIB dan masih berlangsung hingga hari ini, Minggu (26/5/2024).

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat, ada 11 titik banjir yang tersebar di tiga kampung di desa tersebut, yakni Kampung Cirumpak, Kampung Babulak, Kampung Tanjung Burung Barat, dan Kampung Tanjung Burung. Ketinggian air bervariasi antara 10 sentimeter hingga 1 meter.

Kampung Tanjung Burung menjadi yang terparah terkena dampak, dengan 460 kepala keluarga yang terdampak banjir.

Banjir ini disebabkan oleh meluapnya Sungai Cisadane dan air laut pasang.

“Lokasi ini kerap kali terjadi banjir karena berada di hilir Sungai Cisadane, dan muara laut yang mempertemukan air sungai dengan air laut,” jelas Ujat.

Sebagai respons terhadap situasi ini, sebanyak 25 korban terdampak, yang terdiri dari lansia dan balita, telah mengungsi ke kantor desa lama dan Masjid Al Barka yang tidak terdampak banjir.

“Kami sediakan perahu karet untuk membantu transportasi warga, petugas pun siaga di lokasi untuk membantu warga,” tutur Ujat.

(akn/red)

Baca Juga:  Launching HAB Kanwil Kemenag Banten Serukan Perdamaian dan Kerukunan
- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments