BerandaBerbagiAnggota KSM Mekar Harum Berdikari Produksi Pupuk Organik Baru: Nano Silika dan...

Anggota KSM Mekar Harum Berdikari Produksi Pupuk Organik Baru: Nano Silika dan Asam Amino untuk Musim Tanam Kedua

DISTRIKBANTENNEWS.COM – Untuk mempersiapkan musim tanam yang akan datang, anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mekar Harum Berdikari telah memproduksi dua jenis pupuk baru, yaitu Nano Silika dan Asam Amino. Pelatihan produksi pupuk ini diadakan di Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, yang merupakan desa binaan LAZ Al Azhar, pada hari Minggu (19/05/2024).

Ahmad Syawaludin dari Lumbung Bumi Nusantara memandu anggota KSM dalam pelatihan ini. Mereka belajar mulai dari pengumpulan bahan-bahan hingga proses pembuatan pupuk.

Selain itu, mereka juga mendapatkan penjelasan tentang fungsi dan manfaat pupuk yang akan dibuat serta formula yang akan diracik untuk musim tanam kedua ini.

Pupuk organik cair yang diproduksi ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia, sehingga dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan keuntungan usaha tani.

Tujuan lainnya adalah untuk mengurangi residu kimia dalam tanah.

Proses pembuatan pupuk berlangsung dengan lancar. Dengan menggunakan instrumen dari Rumah Bio Teknologi, anggota KSM mengikuti arahan dari Pak Syawal tentang proses pembuatan pupuk, mulai dari menimbang, mencacah, menumbuk, hingga mencampurkan bahan-bahan yang telah disiapkan.

Kriskama, Dasamas LAZ Al Azhar, mengatakan bahwa pelatihan ini menjadi salah satu solusi untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya bertani dengan cara yang sehat.

Selain itu, pelatihan ini juga dapat mendorong para petani untuk menciptakan kemandirian dalam produksi pupuk.

“Kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan produktivitas, sehingga di masa depan hasil yang diperoleh dapat semakin maksimal,” tambahnya.

(adh/red)

Baca Juga:  Beramal Tanpa Uang: 5 Cara Mudah yang Bisa Kamu Lakukan
- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments