BerandaHealthDaun Kelor: Obat Herbal Multifungsi untuk Berbagai Penyakit

Daun Kelor: Obat Herbal Multifungsi untuk Berbagai Penyakit

SERANG – Daun kelor, yang sering dijadikan obat herbal, ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Dari mengatasi sakit perut hingga inflamasi, daun kelor dapat menjadi solusi alami untuk berbagai jenis penyakit.

Dalam jumlah yang wajar, sekitar 70 gram per hari, daun kelor umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, sebelum memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda, penting untuk mengetahui manfaat apa saja yang ditawarkan oleh daun kelor ini.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan, seperti yang dilaporkan oleh Healthline dan Medical News Today:

Kadar Gula Darah Tinggi: Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun kelor dapat membantu mengatasi kadar gula darah tinggi. Para ahli percaya bahwa kandungan daun kelor, seperti isothiocyanates, dapat menurunkan peningkatan gula darah dan kadar gula darah puasa, khususnya pada penderita diabetes.

Inflamasi: Inflamasi kronis dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit jantung dan kanker. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini sangat diperlukan karena penelitian sebelumnya hanya melibatkan hewan sebagai objeknya.

Kolesterol Tinggi: Daun kelor juga memiliki kandungan alami yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Bahkan, beberapa penelitian yang melibatkan hewan dan manusia sudah membuktikan bahwa daun kelor memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol tinggi sehingga risiko penyakit jantung juga akan berkurang.

Beberapa Jenis Kanker: Daun kelor memiliki beberapa kandungan alami, seperti niazimicin, yang dapat mencegah perkembangan sel kanker. Bahkan, beberapa ahli berpendapat bahwa daun kelor dapat membunuh sel kanker, seperti kanker payudara, liver, usus, dan jenis kanker lainnya.

Gangguan Pencernaan: Daun kelor dapat dikonsumsi untuk mengatasi beberapa gangguan pencernaan, seperti sembelit dan tukak lambung. Pasalnya, daun kelor memiliki efek pencahar dan dapat menurunkan asam lambung sehingga akan menyehatkan saluran pencernaan.

Baca Juga:  7 Tips Menjalani Pola Hidup Sehat

Infeksi Bakteri: Daun kelor memiliki kandungan yang baik untuk melawan infeksi bakteri, seperti Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Escherichia coli (E. coli).

Asthma: Daun kelor memiliki molekul yang dapat membantu untuk mengelola atau mencegah asma, bronkokonstriksi, dan inflamasi saluran pernapasan.

Tekanan Darah Tinggi: Daun kelor memiliki kandungan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Gangguan Sistem Saraf Pusat: Kandungan antioksidan pada daun kelor dapat melindungi dari gangguan sistem saraf pusat, seperti sklerosis ganda, Alzheimer, dan depresi.

Masalah Kesehatan karena Obesitas: Daun kelor dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh obesitas, seperti inflamasi, kadar kolesterol tinggi, dan kerusakan liver.

Sebelum Anda mulai mengonsumsi daun kelor setiap hari, sangatlah penting untuk memahami manfaat daun kelor untuk penyakit apa saja. Meskipun umumnya aman, Anda tetap diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum makan daun kelor setiap hari karena mungkin bisa berinteraksi dengan obat yang dikonsumsi.

(red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments