More
    BerandaCilegonWaspadai Kondisi Cuaca Saat Bepergian dan Liburan

    Waspadai Kondisi Cuaca Saat Bepergian dan Liburan

    - Advertisement -

    CILEGON, DISTRIKBANTENNEWS.COM – Dihimbau kepada masyarakat yang akan bepergian Dan liburan di Natal dan Tahun Baru untuk waspada kondisi cuaca. Masyarakat bisa mengakses langsung prediksi cuaca pada website Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG).

    Hal itu diungkap Al Muktabar saat mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan saat meninjau Pelabuhan Merak, Sabtu (23/12/2023).

    Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 pada Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni. Dikatakan terdapat beberapa arahan yang diberikan Menko PMK terkait pemberian layanan kepada masyarakat yang akan melakukan penyebrangan di Pelabuhan Merak pada libur natal dan tahun baru.

    “Tadi kita melakukan evaluasi perbandingan kinerja tahun lalu dengan tahun sekarang untuk natal dan tahun baru. Dari perbandingan data itu kondisi saat ini semakin baik dan terkendali,” kata Al Muktabar.

    “Tadi ada beberapa arahan Pak Menko untuk kita melakukan koordinasi dengan baik. Karena kunci dari semua ini adalah aspek kerjasama dan koordinasi,” sambungnya.

    Selanjutnya terkait dengan kewaspadaan perubahan cuaca, kata Al Muktabar, pihaknya bersama Forkopimda Provinsi Banten dan stakeholder terkait telah melakukan rapat koordinasi hingga menggelar apel kesiapsiagaan.

    “Kesiapan kita seperti yang dibahas di dalam rapat tadi di antaranya beberapa instrumen SOP telah disiapkan,” imbuhnya.

    Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan penyebrangan dari pelabuhan Merak ke Bakauheni dan yang akan melakukan bepergian untuk dapat mencari informasi mengenai prediksi cuaca yang telah dikeluarkan oleh BMKG.

    “BMKG telah memberikan informasi secara terbuka agar masyarakat dapat mengakses informasi prediksi cuaca yang akan terjadi. Semoga itu dapat membantu masyarakat yang akan melakukan aktivitas pada libur natal dan tahun baru ini,” pungkasnya.

    Sementara Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan untuk lintas penyeberangan Merak-Bakauheni masih berlangsung cukup baik, akan tetapi terdapat beberapa hal yang harus diwaspadai, di antaranya perubahan cuaca. Meski demikian, berdasarkan analisa Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca sampai awal tahun 2024 masih kondusif. semoga tidak terjadi cuaca yang dapat mengganggu pengoperasian kapal penyeberangan

    “Untuk wilayah penyebrangan Merak-Bakauheni ini ada yang perlu kita waspadai adalah perubahan cuaca. Semoga tidak terjadi cuaca yang dapat mengganggu pengoperasian kapal penyeberangan,” katanya.

    Hal senada juga disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bahwa perubahan cuaca harus dapat menjadi perhatian pada lintas penyeberangan Merak-Bakauheni pada libur natal dan tahun baru.

    “Untuk perjalanan saat ini di Banten V/C Ratio masih cukup aman. Tetapi anomali cuaca harus menjadi perhatian,” ujarnya.

    Penyunting : Mardiana

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Must Read

    - Advertisement -

    Related News

    - Advertisement -