More
    BerandaSeputar BantenKoramil Tirtayasa Bersama Forkopimda Bangun Bank Sampah

    Koramil Tirtayasa Bersama Forkopimda Bangun Bank Sampah

    - Advertisement -

    SERANG, DISTTIKBANTENNEWS.COM – dalam rangka meminimalisir permasalahan sampah di lingkungan masyarakat, Koramil 0602-11/Tirtayasa menggandeng Forkopimda Serang, akan segera pembangunan Bank sampah bertempat di Desa Tanara Kecamatan Tanara Kabupaten Serang Provinsi Banten, Sabtu (23/12/2023).

    Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Letnan Kolonel (Letkol) Inf Mulyo Junaidi, S.E., M.Tr (Han), mengatakan bahwa dengan adanya Bank Sampah lingkungan akan terlihat bersih dan meningkatkan perekonomian. Adapun sampah non organik yang dikumpulkan yaitu seperti botol plastik, kertas, besi, botol kaca, kertas karton dan lainya yang nantinya bisa didaur ulang kembali.

    Mekanisme pengerjaanya yaitu dikelola oleh masyarakat setempat dengan cara mendatangi rumah-rumah warga maupun ada juga warga yang datang langsung ketempat pengepul dengan dibeli sesuai dengan jenis dan berat barang tersebut.

    “kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi semuanya karena bisa menyadarkan warga akan memilih dan memiilah sampah,”ucap Dandim

    “Dan tentunya dengan mengumpulkannya dan ditukar dengan uang yang sedikit banyaknya mendapatkan keuntungan untuk menambah uang belanja. Selain itu, keuntungan lainnya juga dapat menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman serta dapat membiasakan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” Imbuhnya.

    Sampah selama ini merupakan masalah dilingkungan masyarakat baik perkotaan maupun di pedesaan, sehingga keberadaan sampah bisa menganggu kenyamanan dikarenakan bau yang ditimbulkan terutama sampah organik yang berasal dari limbah rumah tangga dan lainya yang dibuang tidak pada tempatnya. Perlu dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah serta suatu cara agar sampah bisa dikelola dengan baik,” jelasnya.

    Penyunting : Mardiana

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Must Read

    - Advertisement -

    Related News

    - Advertisement -