BerandaCilegonDP3AP2KB Kota Cilegon Fasilitasi Kader Pengelola Rumah Data Kependudukan di 11 Kampung...

DP3AP2KB Kota Cilegon Fasilitasi Kader Pengelola Rumah Data Kependudukan di 11 Kampung KB

DBN Cilegon – Guna memfasilitasi para kader dalam meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APK2B) Kota Cilegon melakukan pembinaan rumah data kependudukan kepada 11 Kampung Keluarga Berkualitas di Kota Cilegon.

Plt Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon Agus Zulkarnain mengatakan bahwa pembinaan saat ini dilakukan di 5 rumah data yang ada di Kota Cilegon yakni di Kelurahan Taman Sari, Gerem, Sukmajaya, Bendungan dan Banjarnegara.

“Rumah data kependudukan itu belum banyak orang yang tau. Makannya kami kumpulkan berapa kelurahan yang merupakan lokus kami dan ini sangat penting,” katanya, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Jumat 23 Juni 2023.

Ia menjelaskan, hal ini selaras dengan usaha peningkatan kualitas data dan informasi yang berkualitas. Selain itu, demi meningkatkan sinergitas dan kerja sama dalam melaksanakan program KKBPK dengan mitra kerja.

“Ya di rumah data itu terpampang dari struktur kepengurusan rumah data, jumlah penduduk, jumlah angka kematian, angka kelahiran yang saya sampaikan semua,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DP3APK2B Kota Cilegon Wawan Ikhwani mengungkapkan, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan rumah data kependudukan di Kota Cilegon dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan potensinya.

“Saya harap dengan pembinaan akan dilakukan monitoring dan evaluasi dalam rangka mengukur sdh sejauh mana materi yang sudah disampaikan narasumber dari perwakilan banten ini diterapkan di kelurahan kelurahan,” ungkapnya.

Untuk itu, ia meminta kepada para kader maupun pihak terkait dalam membangun dan mendukung program Pemerintah Kota Cilegon khususnya dan Pemerintah Pusat pada umumnya.

Baca Juga:  Menggenggam Masa Depan: Forum DP3AKKB Provinsi Banten dan Dedikasi untuk Pembangunan yang Inklusif

“Kami berharap dukungan, kerjasama dan sumbangsihnya dari semua pihak yang terlibat yaitu lurah, tokoh agama, LPM, RT, RW, tokoh masyarakat, karang taruna dan kader,” kata Wawan. (*)
[23/6 16.39] Baihaqi RGI: Pemkot Cilegon Serius Tangani Stunting

Cilegon – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dibawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian tampak serius menangani angka stunting. Berbagai program terus gencar dilakukan, termasuk pembinaan terhadap para kelompok tani pohon kelor yang memiliki banyak manfaat.

“Pemkot Cilegon konsesn dengan penekanan angka stunting. Pemkot Cilegon ditargetkan oleh provinsi diangka 14, namun kami menargetkan 9. Kalau provinsi menargetkan 2 digit, tentu kamj ingin mendapatkan angka di satu digit saja,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian pada acara Gerakan Menanam Sejuta Kelor Serentak TP PKK Kabupaten/Kota Secara Bersama Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar di wilayah Kelompok Wanita Tani Tayam di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Jumat 23 Juni 2023.

Dijelaskan Helldy, pohon kelor memiliki banyak manfaat, sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu upaya menurunkan angka stunting. “Selama ini kita ketahui bahwa pohon kelor itu hanya daunnya saja dengan hal yang mistis, tapi ternyata manfaat dari pohon kelor banyak sekali, salah satunya anti oksidan. Pohon kelor juga mengandung vitamin dan mineral diantaranya vitamin B6, B2, C, A, zat besi dan magnesium,” jelasnya.

Dalam hal ini, Helldy menyampaikan apresiasi kepada Pj Gubernur Banten yang telah hadir pada acara tersebut. “Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Al Muktabar yang sudah menengok Kelompok Wanita Tani Tayam ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengaku bangga terhadap inisiasi TP PKK yang menjadi garda terdepan sampai lini rumah tangga. “Saya berterimakasih kepada TP PKK Provinsi Banten yang selalu mendukung kegiatan Provinsi Banten khususnya dalam penanganan stunting, dimana selalu menjadi garda depan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sampai tingkat rumah tangga,” ungkapnya.

Baca Juga:  Helldy Ajak Notaris Berkolaborasi Bangun Kota Cilegon

Dijelaskan Al Muktabar, kegiatan tersebut menunjukkan keseriusan untuk mengurangi angka stanting sampai kepada menjalankan penanaman kelor. “Kegiatan penanaman 1000 pohon kelor ini adalah salah satu upaya penurunan angka stunting di Banten, ini bentuk keseriusan kita, bahkan sampai lini kelor pun kita jalankan,” jelasnya.

Ditegaskan Al Muktabar, selain adanya penanaman 1000 pohon kelor akan ada Festival Anak Banten Sehat, Cerdas, dan Ceria. “Selain akan ada penanaman pohon kelor, ada juga Festival Anak Banten Sehat, Cerdas, dan Ceria. Dimana didalamnya akan ada edukasi dan pemeriksaan untuk ibu hamil dan anak stanting,” tegasnya.

Al Muktabar berharap, kegiatan tersebut dapat berkembang sampai lini bisnis. “Saya berharap kedepannya nanti akan berkembang sampai lini bisnis, dimana hasil dari pohon kelor dapat diolah dan dikemas dengan baik dan dapat dijadikan lahan lapangan pekerjaan baru, serta kedepannya tetap menjalani kolaborasi antar lini,” katanya.

Tampak hadir, Ketua TP PKK Banten Banten Tine Al Muktabar, Ketua TP PKK Kota Cilegon Heny Sevriati, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin dan Kepala Dinas Pertanian Banten Agus M Tauchid.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments