BerandaPendidikanLAZ Al Azhar Gelar Diklat untuk Dasamas, Cetak Sosok Pemberdaya Hebat.

LAZ Al Azhar Gelar Diklat untuk Dasamas, Cetak Sosok Pemberdaya Hebat.

DBN – Cilacap, Sebagai upaya meningkatkan kualitas masyarakat berbasis pemberdayaan desa dengan melalui pengelolaan dana sosial Islam, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) Da’i Sahabat Masyarakat (Dasamas) yang nantinya akan secara langsung mendampingi berbagai kegiatan pemberdayaan dengan profesional dan berkesinambungan.
Hadirnya Dasamas menjadikan masyarakat memiliki sosok penggerak dan inisiatif. Pada dasarnya, masyarakat desa sudah memiliki potensi yang besar baik secara sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA), hanya saja belum dikelola dan terencana dengan baik. Untuk itu Dasamas hadir sebagai penggerak keberdayaan masyarakat sesuai potensi lokal yang ada.

Berdasarkan penuturan dari Deden Nurdin Salin, Kepala Divisi Program LAZ Al Azhar, Diklat Dasamas dilaksanakan mulai tanggal 22-26 Mei 2023 dengan model pelatihan dalam kelas dan lapangan. Sebanyak enam peserta diklat dari berbagai wilayah sangat antusias dan memiliki motivasi yang tinggi dengan harapan bisa bermanfaat bagi umat.

Keenam peserta dibekali materi pelajaran seperti dasar-dasar pemberdayaan, konsep program Indonesia Gemilang, ke-Al Azhar-an, metodologi dakwah dan praktikum lapangan. Adapun praktikum lapangan dilaksanakan di Desa Gemilang Dondong, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pada praktikum lapangan, peserta diklat berinteraksi langsung, menggali potensi, dan memahami karakteristik sosial masyarakat sebagai bekal nantinya mereka ditempatkan. Sebagai penilaian kelulusan mereka, peserta ditantang untuk merumuskan potensi, masalah, usulan program dan capaian yang akan menjadi pedoman untuk melaksanakan program,” tambah Deden.

Yusef Nuryoan, salah satu peserta asal Ciamis merasa bersyukur dan senang mengikuti pelatihan. Menurutnya, menjadi Dasamas memiliki dua nilai utama yaitu sebagai ibadah dan juga kader pemberdaya masyarakat. Bahkan Yusef sampai rela hadir pelatihan di Depok menggunakan sepeda motor dari kampungnya di Ciamis.

Baca Juga:  Berkontribusi Atas Pembangunan Pers, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Raih Anugerah Sahabat Pers SMSI

Setelah Diklat tersebut, peserta telah siap untuk mengabdikan dirinya sebagai kader pemberdaya umat yang akan memberikan manfaat kepada masyarakat bersama LAZ Al Azhar dalam program Indonesia Gemilang.

Reportase : Adidah 
Editor In Chief : Herfa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments