BerandaLebakPagelaran Seni Musik Jaipong dan Mahasiswa PGSD Universitas Setia Budhi Meriahkan...

Pagelaran Seni Musik Jaipong dan Mahasiswa PGSD Universitas Setia Budhi Meriahkan Ritual Syukuran Pare Anyar.

DBN – Lebak, Kasepuhan Cipinang melaksanakan ritual syukuran pare anyar. Sabtu (20/5/2023). Rutual sakral   ini digelar di Umah Gede (rumah adat) Kasepuhan Cipinang, Desa Girimukti, kecamatan cilograng Kabupaten Lebak-Banten. 
Acara dimulai pukul 20.00 WIB dipimpin langsung oleh Abah Juanda selaku ketua adat dan didampingi oleh perangkat adat serta puluhan warga laki-laki untuk berdo’a bersama meminta keberkahan dari prosesi panen yang baru selesai diselenggarakan. 
Ritual adat kali ini dimeriahkan oleh pagelaran seni musik dan tari tradisional jaipong yang diundang oleh kasepuhan sebagai hiburan untuk masyarakat sekitar. Selain itu, bertepatan dengan adanya penelitian dari mahasiswa PGSD FKIP Universitas Setia Budhi membuat acara ini semakin meriah.
 
Pasalnya ratusan mahasiswa yang melaksanakan observasi lapangan tersebut turut menyumbang berbagai penampilan seni mulai dari tarian hingga tarik suara. Tidak jarang penari dari pihak mahasiswa berkolaborasi dengan penari jaipong dari kasepuhan. Hal ini menarik decak kagum para penikmat seni yang menyaksikan.  
Abah Suma yang menyaksikan langsung penampilan dari salah satu mahasiswi bernama ayu menyampaikan apresiasinya bahwa dengan hal ini ternyata mahasiwi tersebut memiliki bakat yang luar biasa. Apa lagi jika sampai ditunjang dengan pengalaman dan keilmuan yang lebih mendalam. 
“Pola tarian dari mahasiswa itu bagus sekali. Tinggal dipoles sedikit, dan lebih sering ditampilkan pasti lebih bagus lagi bahkan mungkin bisa mengajarkan bakatnya kepada adik tingkatnya nanti” ujar abah.
Hal ini diperkuat dengan argumen Wak Dalang yang memimpin pagelaran tersebut ketika hendak menutup pentasnya: bahwa menyaksikan kemeriahan dan kontribusi mahasiswa PGSD ini menandakan bahwa mereka sudah memiliki keterampilan yang berharga untuk bekal hidup di masyarakat. 
Sementara itu dari sudut pandang mahasiswa sendiri, ini merupakan momentum yang sangat berkesan, mengingat mereka ditugaskan oleh dosen untuk meneliti seni budaya di masyarakat, sementara mereka bisa langsung merasakan langsung antmosfer kemeriahanya melalui rangkaian acara syukuran pesta panen ini. (Red/Mardiana)
Baca Juga:  Satbrimob Polda Banten Patroli Gabungan, Sinergi Ciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif di Wilkum Polres Lebak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments