BerandaCilegonRakorkomwil III APEKSI Tinggalkan Kesan Mendalam bagi Para Wali Kota.

Rakorkomwil III APEKSI Tinggalkan Kesan Mendalam bagi Para Wali Kota.

DBN Cilegon –  Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (APEKSI) yang digelar di Kota Cilegon benar-benar meninggalkan kesan mendalam bagi para pesertanya. 
Para wali kota dari Komisariat Wilayah III APEKSI mengaku tak menyangka bahwa Cilegon merupakan kota yang kaya potensi. Mulai seni, budaya, industri hingga kulinernya. 
Ketua Umum APEKSI Bima Arya Sugiarto mengatakan bahwa sebagian besar wali kota yang hadir tidak punya pengalaman dengan Cilegon. 
“Saya sendiri seumur-umur baru kali ini menginap di Cilegon. Biasanya ya hanya lewat saja. Jadi selama dua hari di Cilegon, Pak Helldy sukses memberi kesan mendalam soal Cilegon,” ungkap Bima Arya, saat pembukaan Rakorkomwil III APEKSI di The Royale Krakatau Hotel Cilegon, Senin 8 Mei 2023.
Selama ini, kata dia, yang terbayang soal Cilegon hanya perusahaan baja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Krakatau Steel atau soal industri. 
“Ternyata di Cilegon ada rabeg. Ternyata debusnya oke juga. Sambil terakhir saya mikir, bagaimana caranya itu masukin spanduk ke dalam kelapa,” kata Bima Arya yang terheran-heran dengan adegan debus.
Selama dua hari di Cilegon, Bima Arya mengaku senang melihat passion, ghiroh dan semangat Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang berupaya memberikan pelayanan terbaik buat para peserta Rakorkomwil III APEKSI. 
“Kalau jadi wali kota enggak semangat, bagaimana warganya mau semangat. Kalau walikotanya enggak berinovasi, bagaimana kepala OPD-nya mau inovasi,” ujarnya.
Tak hanya soal penyambutan acara APEKSI, Bima Arya juga mengapresiasi kerja-kerja nyata Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Helldy Agustian. “Ini baru dua tahun penghargaannya sudah 30-an. Bahkan sudah ada percontohan nasional pengolahan sampah,” ungkap Wali Kota Bogor itu. 
Ketua Komisariat Wilayah III APEKSI Dedy Yon Supriyono juga mengaku terkesan dengan kegiatan APEKSI di Kota Cilegon. “Saya merasakan layanannya, jamuan dan fasilitasnya luar biasa. Ini tempat (The Royale Krakatau Hotel Cilegon) bersejarah, banyak tokoh yang sudah bermalam disini,” kata Wali Kota Tegal itu. 
Sementara itu, Direkrut Eksekutif APEKSI Alwis Rustam juga mengaku semakin mengenal Cilegon setelah dua hari berada di kota tersebut. “Jujur saya terkesan karena biasanya hanya lewat saja tidak mampir. Sekarang kita tahu ternyata Cilegon kaya budaya dan tradisi, termasuk kulinernya,” kata dia.
Apalagi, kata Alwis, ketika para wali kota diajak berkeliling industri dan tempat pengolahan sampah. “Ini menjadi pembelajaran berharga ketika kami dibawa ke lapangan industri. Bahkan beberapa daerah akan ada follow up dengan CAP (Chandra Asri Petrochemical) akan ada MoU soal aspal plastik,” terangnya. 
Diketahui, Rakorkomwil III APEKSI digelar pada 7-9 Mei 2023. Pemkot Cilegon merangkaikannya dengan Cilegon Fest. 2023 yang menampilkan berbagai hiburan dan pameran produk UMKM. 
Tak hanya itu, Pemkot Cilegon juga menyuguhkan berbagai seni tradisional. Bahkan ada juga acara Rekor MURI Rabeg Terbanyak yang menghadirkan 2.400 porsi. (RED)
Baca Juga:  Prioritaskan Yatim Dan Dhuafa, Karang Taruna Gunung Sugih Ucapkan Terima Kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments