BerandaCilegonAntusiasme Anggota Apeksi Ikuti Rakorkomwil III Dinilai Cukup Tinggi

Antusiasme Anggota Apeksi Ikuti Rakorkomwil III Dinilai Cukup Tinggi

DBN Cilegon – Antusiasme para anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah III untuk hadir pada Rapat Koordinasi Komisariat (Rakorkomwil) III di Kota Cilegon sangat besar.
Dari 25 kota anggota Apeksi Wilayah III yang meliputi kota-kota di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta, sebanyak 17 Wali Kota sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir langsung. Sedangkan lainnya akan tetap hadir, tetapi diwakilkan.
Imelda Rizki, Analis Kebijakan Ahli Muda Bagian Pemerintahan Setda Kota Cilegon menjelaskan bahwa kehadiran langsung 17 wali kota tersebut menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi untuk hadir di forum Rakorkomwil. “Ini termasuk bagus partisipasi dari kota-kota anggota Apeksi,” jelas Imelda, Minggu 7 Mei 2023.
Lebih lanjut, Imelda juga menerangkan bahwa antusiasme yang tinggi ini juga dibuktikan dengan tingkat okupasi hotel di Cilegon selama berlangsungnya acara Rakorkomwil III Apeksi. “Antusias itu bisa dibuktikan dengan penunjang hotel-hotel di sekitar Cilegon yang terisi penuh, pastinya hal ini akan berdampak positif bagi PAD Kota Cilegon sendiri,” terangnya.
Sementara itu, sebelumnya Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyatakan bahw aakan ada beberapa pembahasan isu strategis dalam Rakorkomwil III Apeksi di Cilegon. Mulai dari isu penataan birokrasi kepegawaian, proporsi besaran alokasi dana transfer pusat ke daerah, serta akselerasi percepatan proses penyusunan peraturan kepala daerah.
“Penataan birokrasi ini berkaitan dengan tindak lanjut atas kebijakan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK, ke depan akan seperti apa karena pusat ada rencana menghapus honorer. Ini harus kita pikirkan mengingat banyaknya honorer di daerah,” jelasnya.
Sedangkan berkaitan dengan transfer pusat ke daerah, Helldy mengatakan bahwa banyak daerah yang meminta pusat lebih bijak dalam memberikan anggaran. 
Diketahui, Rakorkomwil Apeksi III di Kota Cilegon akan berlangsung pada 7-9 Mei 2023. Tema yang diangkat pada acara tersebut adalah “Sinergi Pemerintah Kota dan Pusat dalam Penguatan SDM dan Kebijakan Fiskal”.
Pada Rakorkomwil III Apeksi ini rencananya akan menghadirkan narasumber dari Kemenpan RB, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Provinsi Banten. Selain para wali kota yang hadir, juga akan hadir Pj. Gubernur Banten dan Direktur Executive Apeksi Alwis Rustam. 
(Red)
Baca Juga:  Pemkot Cilegon dan USAID Gelar Lokakarya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments