BerandaCilegonPeringatan May Day di Kota Cilegon Meriah, Pejabat dan Buruh Berbaur

Peringatan May Day di Kota Cilegon Meriah, Pejabat dan Buruh Berbaur


DBN Cilegon –  Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Kota Cilegon berlangsung meriah di depan kantor Wali Kota Cilegon, di Jalan Jenderal Soedirman, Senin 1 Mei 2023. Para buruh difasilitasi memperingati Mayday dengan hiburan musik dan juga pembagian doorprize berupa dua paket umrah, empat sepeda dan sejumlah alat rumah tangga.
Tak seperti biasanya, peringatan hari buruh juga dihadiri Pj. Gubernur Banten Al Muktabar. Hadir juga Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mereka berbaur dengan para buruh yang berpanas-panasan di lapangan.
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, berbaurnya para pejabat dengan buruh merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap perjuangan para buruh. “Hal seperti ini yang diinginkan para buruh. Alhamdulillah kita laksanakan disini kita bersama-sama dengan buruh berbaur tidak ada yang membatasi,” ungkapnya.
Helldy bersyukur bahwa angka pengangguran di Kota Cilegon mengalami penurunan dari 10,13 persen pada 2021 menjadi 8,10 pada 2022. “Jadi ini bukan klaim saya, tetapi data BPS (Badan Pusat Statistik). Sebelumnya kita selalu diperingkat ketujuh di Banten, kini berada di peringkat keempat. Tentunya ini adalah buah hasil dari kerja serius kita untuk menuntaskan pengangguran di Cilegon,” tuturnya.
Lebih lanjut, Helldy juga menyingung terkait realisasi investasi di Kota Cilegon yang melampaui target. Bila sebelumnya realisasi investasi Cilegon berada di bawah Rp9 triliun, pada tahun 2022 justru mencapai Rp32,9 triliuun. “Ini menandakan iklim investasi di Cilegon sangat kondusif dan patut kita syukuri bersama,” katanya.
Wali Kota mengharapkan, tingginya realisasi investasi tersebut dapat membuka lapangan kerja baru. Ia pun berjanji akan terus mendorong agar putra-putri Cilegon bisa menjadi skala prioritas dalam kesempatan kerja di perusahaan-perusahaan. 
“Bila lapangan pekerjaan itu banyak, maka itu akan berpengaruh terhadap angka pengangguran di Cilegon, jadi saya minta kepada buruh untuk selalu mendoakan Pemerintah Kota Cilegon agar bisa berhasil mensejahterakan masyarakatnya,” sambung Helldy.
Di kesempatan yang sama, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar memuji kondisifitas peringatan buruh di Cilegon. “Kondusifitas di Cilegon patut diapresiasi, untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah menjadikan Cilegon itu kondusif,” terangnya.
Lebih lanjut, Al Muktabar menegaskan bahwa peringatan hari buruh di Cilegob ini bukti bahwa pemerintah hadir untuk masyarakat. “Kita bersama-sama hadir disini dalam rangka kebersamaan dengan buruh. Ini yang disebut pemerintah hadir, dengan menjadikan momen mayday sebagai ajang pertemuan antara buruh dengan pemerintah,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Al Muktabar mengingatkan kepada buruh bahwa tantangan kedepan harus bisa dihadapi dengan perbaikan SDM. “Saya hadir disini mudah-mudahan akan terus menjaga kebersamaan kita, kedepan tantangan akan semakin kuat, siapkan skill kita, siapkan SDM kita, kedepan dunia akan menjadi digitalisasi oleh karena itu kita harus mempersiapkannya,” harapnya.
Al Muktabar pun mengapresiasi Wali Kota Cilegon dan jajaran akan keberhasilannya menyelanggarkan peringatan hari buruh. “Apresiasi patut kita berikan untuk Wali Kota serta segenap jajaran pemerintah Kota Cilegon yang mampu melaksanakan peringatan hari buruh dengan menghadirkan perwakilan serikat buruh untuk bersama-sama memperingatinya,” pungkasnya.
Ketua Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (FSPKEP) Rudi Sahrudin mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Cilegon yang sudah menjalin hubungan dengan baik dengan buruh sehingga Kota Cilegon kondusif. “Tentu ini harus kita apresiasi sebab pemerintah daerah mampu menjembatani apa yang rekan-rekan buruh harapkan,” ujarnya.
Rudi pun mengapresiasi kepemimpinan Helldy yang sudah berhasil menurunkan angka pengangguran di tengah situasi ekonomi yang belum stabil akibat covid-19. “Mudah-mudahan di kepemimpinan Pak Helldy ini pengangguran berkurang, berarti janji kampanye Pak Helldy ini terwujud,” tegasnya. 
(Red)
Baca Juga:  Pemerintah Kecamatan Diminta Maksimalkan Pengiriman Kafilah MTQ Cilegon.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments