BerandaCilegonHelldy Ajak Pejabat dan ASN Berinovasi Tanpa APBD

Helldy Ajak Pejabat dan ASN Berinovasi Tanpa APBD

DBN Cilegon –  Hari pertama masuk kerja setelah libur dan cuti bersama Hari Raya Idul fitri, Pemkot Cilegon menggelar apel di halaman kantor Wali Kota, di Jalan Soedirman, Kota Cilegon, Rabu 26 April 2023.
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam kesempatan itu mengajak agar para pejabat dan pegawai Pemkot Cilegon melakukan inovasi program kerja tanpa bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
“Saya disini ingin memastikan bahwa Pak Sekda, para Asda, para kepala OPD, kabid, dan lainnya ayo lakukan inovasi tanpa APBD. Apakah bisa? Ya bisa aja. Kalau inovasi harus ada duitnya, itu mah pasaran,” tandas Helldy.
Untuk mencari pendanaan dari hasil inovasi tersebut, Helldy kembali mengajak para pejabat untuk pandai-pandai bergaul. Terutama dengan para pejabat di tingkat pusat di Jakarta.
“Kita sudah banyak buktikan bahwa tidak semua program bergantung pada APBD. Biarlah APBD kita berikan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Kota Cilegon,” katanya.
Menurutnya, dengan inovasi akan membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Dia menyebut di Cipala, Kecamatan Pulomerak yang bertahun-tahun kesulitan air, kini warga sudah bisa lebih mudah menikmati air bersih. Demikian juga palang pintu kereta api yang dulu sulit terbangun, kini sudah ada.
“SMP Negeri juga dulu sedikit, kini sudah bertambah empat. Daerah lain dulu nyaris tidak pernah ada yang belajar ke Cilegon, kini ramai-ramai belajar pengolahan sampah. PJU (penerangan jalan umum) dulu sedikit, kini tambah banyak, tambah terang. Tunjangan ASN yang dulu nggak pernah naik, sekarang naik,” paparnya.
Selain itu, honor RT dan RW yang dulu tidak pernah dibayarkan per bulan, kini bisa cair setiap bulan dengan jumlah yang lebih besar. Demikian juga dana RW sebesar Rp100 juta yang dulu tidak ada, kini ada.
“Bahkan beasiswa kepada ribuan siswa hingga perguruan tinggi yang dulu tidak ada, sekarang ada. Hampir 70 persen anggaran kita berikan kepada masyarakat. Itu semua berkat inovasi,” ungkap Helldy.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Cilegon Ahmad Jubaedi mengapresiasi para pegawai yang menghadiri apel pada hari pertama masuk setelah libur dan cuti bersama Idul Fitri.
“Alhamdulillah yang hadir banyak meski di hari pertama masuk kerja usai cuti bersama,” katanya.
Meski demikian, pihaknya masih mentoleransi bila masih ada pegawai yang mengajukan cuti tambahan sebagaimana arahan pemerintah pusat agar arus balik Idul Fitri tidak terjadi kemacetan parah. “Ada beberapa yang mengajukan cuti tambahan, datanya sedang kami rekap per OPD,” jelasnya. 
(Red)
Baca Juga:  Kelurahan Gunung Sugih Kecamatan Ciwandan mengadakan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Tingkat Kelurahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments