Dinkes Kota Cilegon Siagakan Lima Posko Kesehatan di Jalur Mudik

0
80

DBN Cilegon –  Selama arus mudik Lebaran 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon bakal menyiapkan sebanyak lima posko kesehatan yang tersebar di beberapa wilayah. Posko kesehatan tersebut beberapa di antaranya tergabung bersama instansi lain.
Kepala Bidang Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Cilegon Febri Naldo mengatakan, kelima posko kesehatan itu anatara lain ada di Terminal Terpadu Merak, di Pintu Tol Merak, di halaman Cilegon Center Mall (CCM), di perempatan Jalan Lingkar Selatan (JLS), serta di Ciwandan.
“Sementara yang di CCM kita masih menunggu kepastian tempatnya. Kalau yang lain sepertinya sudah final lokasinya,” kata Febri, usai rapat koordinasi teknis dan non-teknis persiapan pembentukan posko Lebaran, Senin 10 Maret 2023.
Dijelaskannya, terdapat puluhan tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat hingga ambulans yang siap siaga 24 jam dalam melayani masyarakat.
“Satu posko siaga 24 jam. Dalam satu shift ada lima orang yang berjaga, ditambah fasilitas ambulans mobil dan sepeda motor, tabung oksigen. Untuk petugas kesehatan di posko kita buat tiga shift,” ujarnya.
Rencananya, kata dia, posko kesehatan akan mulai beroperasi pada 18 hingga 30 April 2023. AAdapun pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaaan kesehatan kedaruratan.
“Pelayanan kesehatan, terutama yang emergency. Tapi kalau pemudik mau sekedar istirahat karena lelah dan lain sebagainya, ya silahkan mampir. Dengan senang hati kami berikan pelayanan terbaik,” ungkapnya.
Selain itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan sebelum berangkat menempuh perjalanan ke kampung halaman dan memersilahkan kepada para pemudik yang merada tidak sehat atau kelelahan dapat beristirahat.
“Jangan sampai memaksanakan diri kalau sedang sakit atau kelelahan, manfaatkan fasilitas kesehatan seperti posko-posko kesehatan yang telah disediakan,” pungkasnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon drg. Ratih Purnamasari berharap keberadaan posko kesehatan di sepanjang jalur mudik di Kota Cilegon dapat membantu warga yang hendak mudik, terutama bila di perjalanan terkendala masalah kesehatan.
“Tentu kami berharap para pemudik dapat menempuh perjalanan dengan lancar, tapi kalau terkendala masalah kesehatan silahkan gunakan fasilitas posko kesehatan ini,” katanya. 
(Red/Yani)
Baca Juga:  Di-Endors Wali Kota Helldy, Omset UMKM Melejit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini