BerandaPemerintahanDigitalisasi Perizinan Event Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata Banten

Digitalisasi Perizinan Event Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata Banten

JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyambut baik diluncurkannya digitalisasi layanan perizinan penyelenggaraan event oleh Presiden Joko Widodo, yang diyakini dapat memberikan dorongan signifikan terhadap ekonomi masyarakat serta menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke wilayah Banten.

Menurut Al Muktabar, langkah digitalisasi ini tidak hanya mempermudah proses perizinan tetapi juga menyederhanakan birokrasi, yang berpotensi memberikan dampak positif yang besar di daerah, terutama di Provinsi Banten.

“Saat event-event berskala nasional dan internasional dapat dilaksanakan dengan lebih mudah melalui digitalisasi, hal ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan keterlibatan tenaga kerja, serta memperkuat sektor UMKM dan industri lainnya,” ucap Al Muktabar dalam acara Peluncuran Digitalisasi Layanan Perizinan Penyelenggaraan Event di The Tribrata Convention Center, Jakarta Selatan. Senin, (24/6/24).

Al Muktabar juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kolaborasi dalam digitalisasi layanan perizinan event, sambil menyoroti infrastruktur pendukung seperti Bandara Soekarno-Hatta, jaringan jalan tol yang memadai, serta kawasan smart city di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan yang dapat mendukung penyelenggaraan event internasional.

“Pemerintah Provinsi Banten siap menjadi tuan rumah event-event berskala besar seperti pameran, konvensi, pertemuan, event musik, dan olahraga, dengan dukungan penuh dalam proses perizinannya,” tambahnya.

Peluncuran ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Presiden Joko Widodo bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menunjukkan komitmen untuk memajukan sektor pariwisata dan event di Indonesia.

Presiden Joko Widodo juga mengekspresikan kebanggaannya atas naiknya peringkat Indonesia dalam Travel and Tourism Development Index tahun 2024, yang mencerminkan potensi besar Indonesia dalam menarik wisatawan internasional melalui penyelenggaraan event internasional.

Baca Juga:  Antisipasi Fluktuasi Harga Jelang Idul Adha, Pemprov Banten Intensifkan Pengawasan

“Dengan digitalisasi perizinan event, harapan saya adalah transformasi menuju pelayanan yang lebih efisien, transparan, dan terjangkau, yang dapat memperkuat daya tarik Indonesia sebagai tuan rumah event global,” kata Presiden Jokowi.

(red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments