BerandaKesehatanMengatasi Pembengkakan Tangan: Penyebab dan Solusinya

Mengatasi Pembengkakan Tangan: Penyebab dan Solusinya

SERANG – Anda merasa cincin di jari Anda sudah tidak pas lagi, melihat tangan Anda membengkak dan merasa tidak nyaman, dan Anda mencoba mencari tahu apa yang menyebabkannya. Dalam beberapa situasi, kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti suhu lingkungan, aktivitas fisik, pola diet, penggunaan obat-obatan, atau kondisi kesehatan tertentu.

Penyebab yang paling sering ditemui adalah penumpukan cairan dalam jaringan lunak.

“Pembengkakan jaringan lunak atau edema tidak selalu menjadi penyebab utama. Hal ini bisa terjadi karena perubahan iklim atau perubahan dalam keseimbangan cairan tubuh,” ujar Amy Kehl, seorang rematolog dari Saint John’s Physician Partners di Santa Monica, California, dalam wawancaranya dengan Fox News Digital.

Sebagian besar pasien melaporkan beberapa tingkat pembengkakan jaringan lunak atau edema yang berhubungan dengan cuaca panas dan aktivitas fisik, menurut Kehl.

Perubahan dalam keseimbangan cairan juga bisa disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan yang bisa menyebabkan pembengkakan pada tangan dan kaki.

“Selain itu, beberapa obat-obatan tertentu seperti obat untuk tekanan darah seperti amlodipin, steroid seperti Prednisone atau Medrol, dan terapi hormon bisa berkontribusi pada pembengkakan jaringan lunak di tangan dan kaki,” tambah Kehl.

Kapan Anda perlu mencari bantuan medis?
Jika Anda melihat tangan dan kaki Anda membengkak dan tidak bisa kembali ke kondisi normal, atau jika pembengkakan pada tangan disertai dengan pembengkakan pada kaki dan ditandai dengan peningkatan tekanan darah dan kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis.

“Pastikan Anda mendapatkan pemeriksaan yang tepat terkait fungsi ginjal dan jantung karena pembengkakan pada tangan dan kaki bisa menjadi indikator adanya gangguan pada ginjal, kehilangan protein dalam urine, dan gangguan jantung. Dokter mungkin akan melakukan tes fungsi ginjal, memeriksa urine, dan dalam beberapa kasus melakukan ekokardiogram,” jelasnya.

Anda mungkin akan diberikan obat diuretik untuk menghilangkan kelebihan cairan jika terkait dengan gangguan jantung.

Baca Juga:  Dr. Irsan Hasan Ungkap Fakta tentang Batu Empedu: Penyebab, Jenis, dan Pentingnya Identifikasi yang Tepat

(red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments