BerandaBerita UtamaPeringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang: Komitmen...

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang: Komitmen Menuju Indonesia Emas 2045

SERANG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang, pada Sabtu, (1/6/24). Telah menggelar upacara yang sangat penting dan bersejarah. Upacara ini adalah Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, sebuah momen untuk merenung dan memperbarui komitmen kita terhadap ideologi negara.

Upacara ini berlangsung di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Serang. Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Fajar Nur Cahyono, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Pejabat Struktural dan Pegawai Lapas Kelas IIA Serang turut serta dalam upacara ini, menunjukkan komitmen mereka terhadap Pancasila.

Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, simbol kebanggaan dan persatuan bangsa. Ini diikuti oleh pembacaan teks Pancasila dan pembukaan UUD 1945 oleh petugas, mengingatkan kita semua tentang dasar dan prinsip yang menjadi fondasi negara kita.

Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Fajar Nur Cahyono, kemudian memberikan amanat. Dalam sambutannya, beliau membacakan pesan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mencerminkan visi kita bersama untuk masa depan: sebuah Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat, di mana Pancasila menjadi pemersatu di tengah perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa.

Yudian Wahyudi menyerukan agar seluruh komponen bangsa membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila harus menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga Indonesia,” ujarnya.

Di akhir pidatonya, Yudian Wahyudi mengajak seluruh komponen bangsa untuk merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” ajaknya.

Baca Juga:  APPSI Tekankan Stabilitas Daerah Jelang Pemilu 2024

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Bpk. Joko Widodo di Riau secara virtual.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang berjalan dengan lancar dan tertib serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Fajar Nur Cahyono, selaku Kepala Lapas Kelas IIA Serang dalam penutupan, mengatakan, “Ini adalah bukti komitmen kita bersama untuk menjaga Pancasila dan mewujudkan Indonesia Emas 2045,” menegaskan komitmen bersama untuk menjaga ideologi negara dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

(her/red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments