BerandaPemerintahanPancasila Sebagai Dasar Negara dan Pemersatu Bangsa: Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar,...

Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pemersatu Bangsa: Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, Mengajak Generasi Muda Memahami dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila

SERANG – Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia dan sebagai pemersatu bangsa. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila harus terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Al Muktabar menyampaikan hal ini setelah memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, pada Sabtu (1/6/2024).

“Nilai-nilai Pancasila akan selalu menjadi landasan kita dalam berbagai aspek, mulai dari pembuatan regulasi, sikap, tindakan, dan dalam berinteraksi dengan bangsa lain di dunia serta sesama warga negara Indonesia,” kata Al Muktabar.

Ia juga menambahkan bahwa Pancasila menjadi panduan utama bagi bangsa dan negara. Hal ini terbukti dengan relevansinya nilai-nilai Pancasila dalam berbagai situasi dan kondisi.

Menurut Al Muktabar, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa Pancasila harus menjadi dasar dalam membangun bangsa dan harus terus diimplementasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Makna dari peringatan hari lahir Pancasila ini sangat fundamental, karena Pancasila adalah dasar negara kita. Kita harus terus memperjuangkannya,” ujarnya.

Al Muktabar juga mengajak generasi muda untuk mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Menurutnya, hal ini akan menjadi panduan bagi generasi muda untuk dapat berkontribusi, baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

“Nilai-nilai Pancasila adalah nilai-nilai yang abadi dan humanis, yang dapat diterapkan oleh semua orang dan dalam setiap peradaban. Ini sangat penting bagi generasi muda kita, karena mereka adalah penerus bangsa ini,” tambahnya.

Mengenai perkembangan global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang pesat, Al Muktabar berharap nilai-nilai Pancasila dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Nilai-nilai Pancasila pada dasarnya adalah nilai yang universal. Oleh karena itu, nilai-nilai tersebut harus digunakan sebagai instrumen filter kita, khususnya bagi generasi muda,” tutupnya.

Baca Juga:  Inisiatif Diskominfosatik Kabupaten Serang Menuju Pelayanan Digital Terintegrasi

Sebagai catatan, Al Muktabar bersama Forkopimda Provinsi Banten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Banten juga mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Provinsi Riau.

(red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments