BerandaTipsTips-Tips Mudah Meningkatkan Kecepatan Membaca

Tips-Tips Mudah Meningkatkan Kecepatan Membaca

DISTRIKBANTENNEWS.COM – Berikut ini ada beberapa tips mudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan membaca. Jika Anda melakukannya, saya yakin kecepatan baca Anda akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Selamat mencoba.

Sediakan waktu tiap hari minimal 10 menit untuk membaca apa saja dengan penuh perhatian

Membaca lebih cepat diperoleh dari kebiasaan membaca. Untuk itu, paksakan diri Anda untuk menyediakan waktu khusus 10 menit setiap hari untuk membaca apa saja dengan satu catatan: penuh perhatian. Hal ini dilakukan untuk me- latih koordinasi antara mata, otak, dan konsentrasi. Walaupun hanya menghabiskan waktu 10 menit, dengan konsentrasi tinggi Anda bisa menyelesaikan beberapa artikel atau bahkan puluhan halaman buku. Cobalah!

Jangan mengulang, selesai satu nomor, ketemu atau tidak segera ganti/pindah ke nomor berikutnya

Maksud kata-kata di atas adalah jika Anda mempunyai alasan yang tepat untuk melompati suatu bagian atau beberapa bagian dari bacaan yang Anda hadapi, Anda tidak akan kehilangan arti, bahkan Anda mendapat keuntungan yaitu cepat menyelesaikan bacaan dan menjadi bersemangat membaca bahan lain. Dengan demikian, Anda cepat menguasai informasi dan gagasan lebih banyak lagi.

Cintai kegiatan membaca dan jadikan sebagai kebiasaan.

Orang yang hobi membaca secara relatif akan memiliki kecepatan baca jauh lebih baik meskipun tanpa latihan khusus membaca cepat. Mengapa demikian? Dengan rajin membaca, perbendaharaan kosa kata Anda akan semakin kaya. Tidak hanya itu, Anda juga mengetahui lebih banyak hal dan pengetahuan tersebut akan membantu untuk mema- hami buku atau bahan bacaan yang baru dengan lebih cepat. Dengan rajin membaca, Anda juga akan mengenali jenis bacaan yang berbeda dan cara membacanya secara efektif.

Baca Juga:  LAZ dan Wakaf Al Azhar Resmikan Masjid di Pedalaman Desa Ciomas Bogor

Tempatkan Buku di Lokasi Strategis

Untuk menumbuhkan minat membaca kita, ada tips yang mungkin bisa Anda terapkan yaitu menaruh beberapa buku yang menurut Anda menarik di tempat-tempat yang strategis. Tujuannya adalah saat kita berada di tempat-tempat strategis tersebut, kemudian melihat buku itu, langsung tumbuh keinginan untuk membacanya.

Di manakah lokasi-lokasi yang strategis tersebut? Menurut Mr. SGM, lokasi yang strategis untuk meletakkan buku adalah:

  1. Tempat tidur

Tempat tidur adalah tempat yang paling strategis karena di tempat tidurlah seseorang yang hendak beristirahat akan menyempatkan waktu untuk membaca buku walaupun cuma sebentar.

  1. Meja Kerja

Biasanya bila seseorang sudah jenuh bekerja, dia akan beristirahat sejenak, dan membaca buku yang bagus bisa membantu mengusir kejenuhan itu.

  1. Mobil

Tempat strategis selanjutnya adalah mobil. Hampir sebagian orang menganggap menaruh buku di mobil adalah cara yang efektif untuk mengurangi rasa stres saat berkendara. Jansalnya, saat terjebak dalam kemacetan, agar tidak stres dan tegang, selingi dengan membaca buku. Tapi ingat, bacalah buku saat kendaraan berhenti, bukan saat Anda menyetir.

  1. Ruang Keluarga/Santai

Diruang keluarga inilah, minat untuk membaca dirasa paling besar. Saat menonton film seru di televisi, di saat jeda iklan yang cukup lama, itulah kesempatan untuk membaca buku sambil menunggu iklan selesai. Begitu iklan, langsung buku tersebut dibaca.

  1. Tas

Tempat strategis lain yang pas untuk menaruh buku adalah di dalam tas kerja kita, khususnya ibu- ibu yang membawa tas tenteng. Jadi, buku tersebut bisa di bawa ke mana-mana dan saat kita menunggu buku tersebut langsung bisa kita keluarkan dan baca.

Itulah beberapa tempat strategis untuk menaruh buku menurut M.SGM (Master Trainer di Prime Super Great Memory). Buku ini disusun sepraktis mungkin sehingga Anda dihar Asalkan Anda rajin melakukan latihan dengan semangat dan Tapkan dapat melakukan apa yang disarankan dalam buku jain kad serta disiplin, Anda akan dapat meraih sukses.

Baca Juga:  Sambut Berkah, Satgas TMMD Ke-119 Kodim 0602/Serang serahkan wakaf Al-Qur'an

Itulah tips yang biasa Anda lakukan jika ingin meningkatkan keterampilan membaca cepat. lakukan tips itu dengan konsisten dijamin kemambuan Anda dalam membaca akan semakin cepat. semoga berhasil, salam literasi. ayo membaca.

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments