BerandaEsaiWajib Tahu: Inilah Faktor yang Memengaruhi Kecepatan Membaca

Wajib Tahu: Inilah Faktor yang Memengaruhi Kecepatan Membaca

DISTRIKBANTENNEWS.COM – Tidak semua orang mampu membaca cepat karena dalam membaca cepat diperlukan modal khusus yang harus dimiliki oleh para pembaca. Modal tersebut yaitu:

1. Pengalaman

Membaca adalah hal yang kompleks, yang membutuhkan sejumlah besar tindakan yang terpisahpisah. Dalam membaca, orang harus menggunakan pengertian dan khayalan, mengamati dan mengingatingat. Pengalaman juga sangat diperlukan dalam membaca, karena tanpa pengalaman mem-baca, kita tidak tahu apa yang sedang kita baca, sehingga informasi pun tidak kita dapat.

2. Bahasa

Bahasa sangatlah berperan penting dalam suatu bacaan. Contoh, bila Anda membaca buku atau majalah yang tulisannya menggunakan bahasa-bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris, Perancis, Italia, dan sebagainya, apa yang akan terjadi?

Ya benar, Anda tidak bisa membacanya dengan cepat dan memahami apa isi dari bacaan dalam buku itu, karena Anda tidak mengerti arti dari tulisan yang ada dibuku tersebut. Karena itu, bahasa juga sangat penting dijadikan modal dalam membaca.

3. Metode

Satu lagi yang perlu dijadikan modal dalam membaca yaitu metode membaca. Dengan metode apa Anda akan membaca buku? Tanpa menggunakan metode, membaca satu buah buku akan memakan waktu yang lama untuk menghabiskannya, bisa seharian, mingguan, atau bahkan sampai berganti bulan baru selesai membaca satu buah buku.

3. Tujuan

Dan yang paling penting dalam modal membaca adalah tujuan dari membaca. Apa yang menjadi tujuan Anda untuk membaca buku tertentu. Apakah tujuannya hanya sekadar ingin tahu atau mencari pemahaman yang dalam, atau untuk kepentingan riset? Tujuan itu akan memengaruhi kecepatan membaca Anda.

Mengapa demikian? Karen ketika anda membaca untuk kepentingan riset, Tujuannya penelitian tentu saja anda akan lebih menghabiskan banyak waktu untuk mencari lebih ditel tentang apa yang ada di buku tersebut.

Baca Juga:  Kepemimpinan Perempuan Esensial bagi Organisasi

jadi itulah beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan membaca. semoga artikel ini bermanfaat, salam literasi

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments