BerandaEsaiAlasan Mengapa Kita Harus Menguasai Keterampilan Membaca Cepat

Alasan Mengapa Kita Harus Menguasai Keterampilan Membaca Cepat

DISTRIKBANTENNEWS.COM – Sebagian besar ilmu pengetahuan dan informasi tertuang dalam bentuk tulisan. Satu-satunya cara untuk menyerap ilmu tersebut yakni membaca, Namun di era reformasi 4.0 dan disrubsi informasi saat ini saat ini mengalir begitu derasnya. Banyak buku baru terbit setiap harinya. Informas berganti persekian detuk. Keterampilan membaca biasa mungkin saja belum mampu mengimbanginya oleh karenanya kita perlu meningkatkan keterampilan membaca kita jauh lebih cepat.

Dengan membaca cepat, sekiranya kita akan lebih banyak menyerap informasi. Namun apa sebenarnya membaca cepat itu, dan mengapa kita harus membaca cepat? Melalui tulisan kali ini saya akan coba jelaskan tentang makna membaca cepat dan alasan mengapa kita harus menguasai keterampilan tersebut.

Makna Membaca Cepat

Dikutip dari buku Super Speed Reading, karya Mr. SGM, Irawan Widiatmoko: Membaca cepat adalah perpaduan kemampuan motorik (gerakan mata) atau kemampuan visual, dengan kemampuan kognitif seseorang dalam membaca. Membaca cepat merupakan perpaduan antara kecepatan membaca dengan pemahaman isi bacaan. Ketika kita membaca cepat suatu bacaan, tujuan sebenarnya bukan untuk mencari kata dan gambar secepat mungkin, namun untuk mengidentifikasi dan memahami makna dari bacaan tersebut seefisien mungkin dan kemudian mentransfer informasi ini ke dalam memori jangka panjang dalam otak kita. Kemampuan membaca cepat merupakan keterampilan memilih isi bacaan yang harus dibaca sesuai dengan tujuan yang ada relevansinya dengan pembaca, tanpa membuang-buang waktu untuk menekuni bagian-bagian lain yang tidak diperlukan.

Dalam membaca cepat, terkandung pemahaman yang cepat pula. Pemahaman inilah yang diprioritaskan dalam kegiatan membaca cepat, bukan kecepatan. Akan tetapi, tidak berani bahwa membaca lambat akan meningkatkan pemahaman, bah. kan orang yang biasa membaca lambat untuk mengerti suatu bacaan akan dapat mengambil manfaat yang besar dengan membaca cepat. Sebagaimana pengendara mobil, seorang pembaca yang baik akan mengatur kecepatannya dan memilih jalan terbaik untuk mencapai tujuannya. Kecepatan membaca seseorang sangat tergantung pada materi dan tujuan membaca, dan sejauh mana keakraban pembaca dengan materi bacaan. Berkaitan dengan membaca cepat, ada beberapa makna yang bisa Anda peroleh.

  1. Mengenali topik bacaan. Jika Anda pergi ke toko buku atau perpustakaan, Anda ingin mengetahui apa yang dibahas dalam buku yang Anda pilih. Untuk keperluan tersebut, Anda melakukan membaca cepat beberapa menit untuk melihat bahan yang dibaca sekadar untuk mengetahui isi bacaan. Hal ini juga dapat dilakukan ketika akan memilih artikel di majalah dan surat kabar
  2. Mengetahui pendapat orang lain (opini). Di sini, Anda sudah mengetahui topik yang dibahas, selanjutnya Anda ingin mengetahui pendapat penulis itu terhadap masalah yang dibahas. Untuk itu, Anda tinggal membaca tulisan yang ada di tajuk surat kabar tersebut. Anda cukup membaca paragraf pertama atau akhir yang biasanya memuat simpulan yang dibuat oleh penulisnya (redaksi). Anda perlu melihat semua bahan bacaan itu untuk melihat ide yang bagus, tetapi tidak perlu membaca setiap kata, kalimat, bahkan alinea secara lengkap.
  3. Mengetahui organisasi penulisan. Dengan teknik membaca cepat, Anda dapat segera mengetahui urutan ide pokok dan cara semua materi disusun dalam kesatuan pikiran, serta mencari hubungan antarbagian dalam bacaan itu.
  4. Melakukan penyegaran atas apa yang pernah dibaca. Ini dapat dipraktikkan, misalnya, dalam mempersiapkan ujian atau sebelum menyampaikan pidato/ceramah.
  5. Mencari informasi. Ini yang kita lakukan ketika kita mem- baca secara cepat dan efektif.
  6. Menelusuri bahan halaman buku atau bacaan dalam waktu yang singkat
  7. Tidak banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memperhatikan atau membaca bagian yang tidak kita perlukan
Baca Juga:  Kepemimpinan Perempuan Esensial bagi Organisasi

Mengapa Harus Membaca Cepat?

membaca foto credit : Mardiana Akin

Berbagai informasi di era globalisasi saat ini semakin mudah diterima dan semakin gencar masuk ke negara kita. Hal ini disebabkan semakin bervariasi dan canggihnya media informasi. Hasil-hasil penelitian serta kemajuan ilmu dan teknologi begitu cepat dipublikasikan dan disebarkan. Satu judul buku tentang suatu masalah yang menjadi perhatian kita belum sampai separuhnya dibaca, telah disusul judul buku baru, apalagi sejak kemunculan internet. Padahal, waktu yang kita miliki sampai saat ini tetap 24 jam setiap harinya, tidak terus bertambah seperti informasi tersebut. Akibatnya, banyak informasi yang tidak sempat kita serap. Hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah kecepatan membaca kita yang masih perlu ditingkatkan. Itulah mengapa membaca cepat itu sangat penting.

Alasan lain sebabnya membaca cepat itu penting adalah:

  • Dalam 1 tahun, ada 800.000 buku yang terbit, terdapat 8.000 pengarang buku baru setiap tahunnya,
  • Dalam pekerjaan, diperlukan tingkat waktu membaca yang cepat, tingkat pemahaman yang tinggi, dan jangka waktu mengingat yang panjang,
  • Di zaman informasi seperti sekarang, kita dapat memperoleh informasi hampir di mana saja. Dan dalam menyerap informasi tersebut, dibutuhkan kemampuan memilih informasi mana yang penting dan mana yang tidak.

Jika kita tidak bisa mengimbanginya dengan menyerap informasi vang luar biasa banyak tersebut, kita akan ketinggalan zaman dan tentunya memperlambat kesuksesan kita. Jadi betapa pentingnya kita menguasai keterampilan ini untuk terus meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita.

Manfaat Membaca Cepat

Dalam Buku Mr. SGM Juga dijelaskan manfaat yang berkaitan dengan membaca cepat, ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh, yaitu:

  1. memperoleh kesan umum dari suatu buku, artikel, atau tulisan singkat,
  2. menemukan hal tertentu dari suatu bacaan,
  3. mencari informasi yang diperlukan dari suatu bacaan,
  4. menelusuri bahan halaman buku atau bacaan dalam waktu singkat,
  5. tidak membuang-buang waktu,
  6. membaca cepat menciptakan efisiensi,
  7. semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk melakukan hal-hal rutin, semakin banyak waktu yang tersedia untuk mengerjakan hal penting lainnya,
  8. membaca cepat memiliki nilai yang menyenangkan/ menghibur,
  9. membaca cepat memperluas cakrawala mental,
  10. membaca cepat membantu berbicara secara efektif,
  11. membaca cepat membantu dalam menghadapi ujian,
  12. membaca cepat meningkatkan pemahaman,
  13. membaca cepat menjamin kita untuk selalu meng-update informasi.
Baca Juga:  PBB-P2 Tahun 2023,  Pemkab Serang Kerja Keras Capai Target

Ukuran Membaca Cepat

Seseorang yang sedang membaca cepat sebuah bacaan hendaknya dapat mengondisikan otak bekerja lebih cepat sehingga konsentrasi akan lebih membaik secara otomatis. Dengan demikian, kemampuan membaca cepat merupakan kemampuan seseorang dalam memadukan kemampuan motorik (gerakan mata) atau kemampuan visual dengan kemampuan kognitifnya atau pemahaman isi bacaan dengan cara menjawab pertanyaan- pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.

Rata-rata orang dengan pendidikan setingkat sekolah tinggi membaca sekitar 300 kata per menit, berarti bahan itu tidaklah bersifat teknis. Di sisi lain, pembaca cepat dapat membaca lebih dari 1000 kata per menit.

Di negara-negara maju, khususnya Amerika, telah dilakukan penelitian tentang kecepatan membaca siswa dalam setiap jenjang pendidikan. Kecepatan membaca siswa Amerika:

  1. Setingkat SD (di Indonesia) adalah 140 kpm,
  2. Setingkat SLTP adalah 140 s.d 175 kpm,
  3. Setingkat SMA adalah 175 s.d 245 kpm, dan
  4. Setingkat perguruan tinggi 245 s.d 280 kpm.
  5. Untuk kaum profesional, kecepatan membacanya bisa mencapai 500kpm.

Untuk mengukur kemampuan membaca cepat, ada dua aspek yang perlu diukur, yaitu aspek kecepatan membaca dan aspek pemahaman, kecepatan membaca dapat diukur dengan jumlah kata dalam bacaan yang dibaca, dibagi total waktu baca dikalı dengan 60 detik, sedangkan pemahaman dihitung dengan membandingkan skor yang diperoleh dengan skor maksimal.

Hasil perkalian antara kecepatan membaca dan pemahaman menghasilkan Kecepatan Efektif

Ukuran kemampuan baca:

  1. Kecepatan membaca
  2. Pemahaman
  3. Kecepatan efektif
  4. Kecepatan membaca

Berikut adalah rumus kecepatan membaca Kec. Membaca = Jumlah total kata x 60/Waktu baca Misal: waktu baca adalah 80 detik, jumlah total kata 505 kata

Kecepatan baca: 505 x 60/80 =378,75 kata/menit

  1. Pemahaman

Hitung jumlah jawaban yang benar dari soal yang diberi- kan. Kemudian dibagi dengan total soal kali 100%. Misal, benar 7 soal dari 10 soal. 7/10 x 100% = 70%

  1. Kecepatan efektif
Baca Juga:  Brantas Sarang Nyamuk, Cegah DBD Tidak Cukup Dengan Fogging

Kalikan kecepatan membaca (1) dengan pemahaman (2), itulah kecepatan efektif Anda 378,75 X 70% = 265,125 kata/menit

Itulah ukuran kemampuan membaca Anda!

Tabel berikut bermanfaat untuk mengukur tingkat kemampuan membaca Anda.

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments