BerandaPolitikPemilihan Kepala Daerah Tangerang: PPS Dibekali Bimtek, Siap Mengawal Pilkada

Pemilihan Kepala Daerah Tangerang: PPS Dibekali Bimtek, Siap Mengawal Pilkada

TANGERANG – Senin, 27 Mei 2024 menjadi hari bersejarah bagi ratusan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Tangerang. Mereka berkumpul di Hotel Horison untuk mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang.

Bimtek ini bertujuan untuk mempersiapkan anggota PPS yang akan bertugas sebagai penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tangerang pada November 2024. Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Muhamad Umar, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya penguatan bagi anggota PPS yang baru saja terpilih dan dilantik.

Dengan jumlah anggota PPS di Kabupaten Tangerang mencapai 822 orang, kegiatan ini dilakukan dalam beberapa sesi. “Dalam satu hari, kami lakukan dua sesi. Kegiatan ini ada empat sesi selama dua hari,” ungkap Umar.

Umar menambahkan, anggota PPS yang baru dikukuhkan kemarin ada yang muka lama dan ada yang baru naik jabatan. Sehingga, Bimtek ini dirasa penting sebagai penguatan mereka sebagai anggota PPS. Bimtek ini juga bertujuan agar anggota PPS memahami tugas pokok, fungsi dan wewenang sebagai anggota PPS.

“Jadi mereka ini direfresh sebagai penyelenggara Pilkada Kabupaten Tangerang untuk bertugas sesuai dengan mestinya,” katanya.

Selain itu, anggota PPS juga diberikan panduan supaya mereka mengerti secara hirarki kewenangannya. Mereka juga harus mengerti tata kerja, di mana KPU juga memiliki kesekretariatan.

“Anggota PPS juga harus menjaga hubungan kerja, seperti harus sinergi dengan pihak desa maupun kelurahan serta Binmas dan Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah kerja PPS,” ucapnya.

Umar menambahkan, materi terakhir yang diberikan adalah kode etik kerja PPS. Sebagai penyelenggara Pilkada Kabupaten Tangerang, mereka harus tahu tentang batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar dalam penyelenggaraan Pilkada.

Baca Juga:  Sosialisasi Pilkada 2024: Kabupaten Serang Ajak Kaum Milenial Tingkatkan Partisipasi Pemilih

“Jadikan pengalaman sebagai anggota PPS di Pemilu kemarin, adanya laporan dari masyarakat akan berdampak anggota PPS bisa diberhentikan,” pungkasnya.

(mla/red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments