BerandaPemerintahanMTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Serang: Membangkitkan Cinta Al Qur'an dan Mempersiapkan Juara...

MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Serang: Membangkitkan Cinta Al Qur’an dan Mempersiapkan Juara Nasional

SERANG – Pada Senin, 27 Mei 2024, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Serang. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari 27 hingga 30 Mei 2024, dan berlokasi di Pantai Florida, Kecamatan Cinangka. Ini merupakan perubahan dari tahun-tahun sebelumnya.

Ratu Tatu Chasanah menjelaskan bahwa MTQ diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Serang, dan para pemenang akan mewakili kabupaten ini di tingkat provinsi dan nasional.

“Kami berharap pembinaan yang dilakukan Pemda Kabupaten Serang dengan para alim ulama, ponpes dan para pembina di bawah LPTQ semoga bisa membawa nama Kabupaten Serang menjadi juara seperti sebelumnya,” ujarnya.

Meski MTQ diadakan menjelang MTQ tingkat Provinsi Banten pada akhir Juli 2024, Tatu tetap optimis.

“Yang lebih terpenting lagi tujuan dari MTQ ini untuk memasyarakatkan, kami semua dan seluruh masyarakat Kabupaten Serang cinta terhadap Al Qur’an,” katanya.

Tatu juga menekankan pentingnya meningkatkan kualitas para qori dan qoriah dalam membaca Al Qur’an.

“Karena seringkali mendengar dari para alim ulama, kita tidak hanya membaca tetapi memahami isi Al Qur’an kemudian dijadikan pegangan kita, panduan kita dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Sebagai bagian dari evaluasi, Tatu menginstruksikan agar MTQ ke-55, yang seharusnya digelar pada 2025, dilaksanakan pada Desember 2024. Hal ini untuk menghindari penundaan seperti yang terjadi pada MTQ 2024, yang bertepatan dengan Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri.

Pada pembukaan MTQ ke-54, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melantik para dewan juri. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Staf Ahli Pj Gubernur Banten Bidang Pemasyarakatan dan SDM, Muhamad Agus Setiawan, dan Ketua Harian LPTQ Banten, Prof Sholeh Hidayat.

Baca Juga:  Pj Gubernur Al Muktabar Resmikan Penunjang Layanan dan Teaching Hospital RSUD Banten

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Serang Sugi Hardono mengatakan bahwa ada 9 cabang tilawah dan 21 golongan yang akan dilombakan. “Adapun untuk jumlah yang mengikuti MTQ 971 kafilah dari 29 kecamatan,” ujarnya.

(her/red)

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments