BerandaKesehatan200 Kader Kesehatan Berkumpul dalam Jambore Tingkat Kota Tangerang untuk Pencegahan DBD

200 Kader Kesehatan Berkumpul dalam Jambore Tingkat Kota Tangerang untuk Pencegahan DBD

TANGERANG – Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mengadakan Jambore Kader Kesehatan Tingkat Kota Tangerang di Stadion Mini Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, pada hari Selasa, 21 Mei 2024.

Mugiya Wardhany, Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kader dengan 25 keterampilan dasar posyandu dan diikuti oleh 200 kader kesehatan perwakilan posyandu di Kota Tangerang.

“Kegiatan ini memberikan edukasi dan melatih kader dalam pencegahan DBD melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) lewat 4M plus dan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J), serta pengendalian DBD dengan melakukan fogging sesuai standar dan disertai pengenalan aplikasi Perisai,” kata Mugi.

Jambore Kader Kesehatan Tingkat Kota Tangerang diisi dengan senam sehat bersama, sharing session bersama tiga kader posyandu berprestasi tingkat nasional, termasuk Kader Posyandu Terbaik Nasional 2023 Yuyun Sopiah dan Posyandu Berprestasi Nasional 2023 dari Posyandu Tiara Kecamatan Cibodasari Susi.

Kegiatan ini juga mengundang narasumber dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Banten, Tim Kerja Pengendalian Vektor Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Materi yang disampaikan tentunya berkesinambungan dengan fokus kita dalam penanganan DBD, di antaranya peran kader dan 25 keterampilan kader posyandu, pencegahan kematian sejak dini bagi masyarakat terkenan DBD, dan pemberantasan sarang nyamuk,” jelas Mugi.

Setelah mengikuti Jambore Kader Kesehatan Tingkat Kota Tangerang, diharapkan para kader kesehatan dapat secara aktif terlibat sebagai bagian masyarakat dalam menggerakan dan mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat serta berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Tangerang dalam upaya pengendalian DBD.

(mar/red)

Baca Juga:  Gejala Gangguan Kesehatan Area Kewanitaan: Mengenal Tanda dan Cara Pencegahannya
- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments