More
    BerandaDepokLAZ Al Azhar Gelar Rapat Koordinasi Forum Indonesia Gemilang

    LAZ Al Azhar Gelar Rapat Koordinasi Forum Indonesia Gemilang

    - Advertisement -

    DEPOK, DISTRIKBANTENNEWS.COM – Sebagai upaya penguatan program pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan, LAZ Al Azhar kembali menggelar Rapat Koordinasi Forum Indonesia Gemilang. Acara berlangsung selama tiga hari, dari 20 hingga 22 Februari 2024, di Kampus Rumah Gemilang Indonesia, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

    Sebanyak 48 peserta hadir dalam acara tersebut, termasuk delapan lembaga kolaborator Forum Indonesia Gemilang, dua puluh lima orang Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat), dan 15 orang dari pengurus KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat).

    Acara ini terbagi menjadi dua agenda besar. Pertama, rapat bersama para mitra Forum Indonesia Gemilang untuk membahas laporan kegiatan terkait dengan program-program yang telah dijalankan, khususnya program-program yang bersinergi dengan LAZ Al Azhar selama lima tahun terakhir.

    Kedua, rapat koordinasi nasional bagi para pelaku pemberdayaan di lapangan, yaitu Dasamas dan pengurus KSM. Rapat ini bertema “Kolaborasi Berdayakan Umat Gemilangkan Indonesia”, membahas tentang materi peningkatan kapasitas untuk Dasamas dan KSM serta penyampaian progres.

    Daram, Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat YPI Al Azhar, menyampaikan harapannya agar forum ini dapat menjadi lebih kuat dan berdampak bagi pemberdayaan umat di Indonesia.

    Acara ini, yang disponsori oleh Prudential Syariah, juga menjadi ajang silaturahmi dan peningkatan sinergitas antar lembaga kolaborator Forum Indonesia Gemilang. Salah satu konklusi dari rakornas ini adalah program kolaborasi dalam penanganan kebencanaan dan program pemberdayaan yang lebih kolaboratif, terukur, dan berkelanjutan.

    Rahmatullah Sidik, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa para mitra Forum Indonesia Gemilang dapat mendapatkan wawasan baru untuk saling menguatkan lembaganya masing-masing demi memperluas manfaat di sekitar.

    Basuno, Pembina Forum Indonesia Gemilang, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena telah diadakan kembali Rakornas FIG yang sudah lima tahun tidak diadakan. Deden, GM Program LAZ Al Azhar, juga menyampaikan harapannya agar kolaborasi antar lembaga zakat dan program-program pemberdayaan masyarakat bisa lebih kuat lagi dalam memberdayakan umat. Dia berharap program pemberdayaan yang dilakukan menjadi lebih terarah, tepat sasaran, dan sesuai dengan kebutuhan, serta para Dasamas bisa terus meningkatkan kapasitas mereka khususnya dalam melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat. (*)

    (eli/red)

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Must Read

    - Advertisement -

    Related News

    - Advertisement -