More
    BerandaBerbagiPetualangan dan Pemberdayaan: Voluntrip LAZ Al Azhar dan Kitabisa di Desa Ciomas

    Petualangan dan Pemberdayaan: Voluntrip LAZ Al Azhar dan Kitabisa di Desa Ciomas

    - Advertisement -

    LAZ Al Azhar dan volunteer Kitabisa menggelar kegiatan Voluntrip pada Minggu (11/02), sebagai bagian dari upaya berbagi kebahagiaan bersama anak-anak di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini melibatkan anak-anak desa dalam petualangan menuju perkebunan dan lokasi budidaya lebah, yang merupakan bagian dari program pemberdayaan ekonomi dan masyarakat yang dijalankan oleh LAZ Al Azhar.

    Perjalanan dimulai dari Stasiun Parung Panjang menuju Desa Ciomas pada pukul 07.30 WIB. Setibanya di Saung Ilmu Desa Ciomas, 21 volunteer berkumpul bersama 28 anak-anak Desa Ciomas untuk pembagian kelompok dan bernyanyi bersama.

    Fakhri, Manager CRM dan Digital Fundraising LAZ Al Azhar, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak kepada lingkungan mereka dan berbagai instrumen pemberdayaan ekonomi masyarakat yang tengah dijalankan oleh LAZ Al Azhar. Instrumen pertama yang dikunjungi adalah kandang komunal, diikuti oleh tempat budidaya lebah.

    Para volunteer dan anak-anak dengan antusias memberi makan domba secara bergantian. Dengan karakteristik daerahnya yang merupakan hutan dengan pohon-pohon rindang, budidaya lebah hutan menjadi potensi yang dapat dioptimalkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Desa Ciomas.

    Dipandu oleh Oyib dan Sukarno, praktisi budidaya lebah hutan, para peserta Voluntrip mendapatkan penjelasan dan pembelajaran tentang proses budidaya lebah hutan. Peserta sangat aktif dalam kegiatan ini, terlihat dari banyaknya peserta yang antusias mengajukan pertanyaan.

    Setelah kegiatan di kandang komunal dan lokasi budidaya lebah, anak-anak kembali ke Saung Ilmu untuk mengikuti lomba mewarnai. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini tampak riang gembira, terlebih mereka juga mendapatkan bingkisan berupa tas dan peralatan sekolah sebagai bentuk dukungan agar terus semangat dalam belajar.

    Oyib dan beberapa warga Desa Ciomas mengungkapkan rasa terima kasih kepada para volunteer yang telah meramaikan kegiatan di Desa Ciomas dan menciptakan senyuman kebahagiaan bagi anak-anak. “Terima kasih kepada para volunteer atas donasi yang diberikan, kebahagiaan, dan bantuan perlengkapan sekolah tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak Desa Ciomas,” tambahnya.

    Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bantuan modal usaha untuk anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). ***

    (adh/red)

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Must Read

    - Advertisement -

    Related News

    - Advertisement -