BerandaKota SerangPastikan Pelayanan Prima, Al Muktabar Tinjau PPDB di SMAN 2 Kota Serang

Pastikan Pelayanan Prima, Al Muktabar Tinjau PPDB di SMAN 2 Kota Serang

Penjabat (Pj) Gubernur Banten,vAl Muktabar, memantau langsung hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN/SMKN dan SKhN Provinsi Banten Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 2 Kota Serang untuk jalur afirmasi, pada Senin (19/6/2023). Memastikan proses pendaftaran tidak mengalami hambatan, terlayani secara maksimal alias prima.

“Kita mengecek pelaksanaan PPDB dan saya juga mengontrol sejak pergantian hari. Kita mengecek pertama memastikan aplikasi atau sistem yang dibangun itu berjalan dengan benar dengan baik,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Al Muktabar, pemantauan pelaksanaan PPDB juga dilakukan untuk memastikan proses pendaftaran agar tidak terdapat hambatan. Dan apabila terjadi hambatan dalam proses pendaftaran, diharapkan sekolah dapat membantu para calon siswa untuk mendaftar.

“Saya juga memastikan sekolah siap melayani bila ada yang perlu dibantu dan prinsipnya ini berbasis digital online, jadi semua bisa mendaftar di manapun,” katanya.

Dari hasil pemantauan Al Muktabar hingga pukul 7.30 WIB, baru terdapat 3 orang siswa yang mendaftar pada jalur afirmasi di SMA Negeri 2 Kota Serang. Selain pendaftaran dilakukan secara online, pihaknya juga akan melakukan verifikasi faktual terhadap para siswa yang mendaftar pada jalur afirmasi.

“Kita ingin jalur afirmasi ini benar-benar peruntukannya kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu, nanti di dalam sistem yang sudah dibangun itu masih memerlukan verifikasi faktual untuk memastikan kebenaran dari dokumen yang disampaikan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar juga berharap kepada para calon siswa dan pihak sekolah dalam melaksanakan proses PPDB ini dapat mematuhi peraturan dan petunjuk teknis yang telah ditentukan untuk dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sehingga nanti hal-hal yang tidak diharapkan itu benar-benar kita antisipasi bersama,” katanya.

Baca Juga:  Al Muktabar Dorong Mahasiswa Untirta Optimalkan Potensi Desa Lewat KKM

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Lukman menyampaikan pada pelaksanaan PPDB untuk jalur afirmasi hingga saat ini masih berjalan dengan baik, dan hingga pukul 06.00 WIB sudah terdapat 558 siswa yang mendaftar.

“Kalau secara umum untuk SMA itu sudah ada, tapi sampai jam 6.00 WIB mencapai 558 siswa,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kendala pada aplikasi PPDB tahun ini, pihaknya bekerjasama dengan Telkom dalam pengelolaan aplikasi, bahkan telah membuat beberapa alternatif apabila terjadi kendala.

“Insya Allah kita berkomunikasi terus dan juga selalu melaporkan kepada pimpinan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kota Serang Mala Leviana menuturkan pihaknya akan melakukan verifikasi faktual untuk para siswa yang mendaftar pada jalur afirmasi pada Selasa (20/6) besok.

“Besok (20/6) kita lakukan verifikasi untuk afirmasi, dan ini sudah ada 3 yang telah mendaftar. cek faktual itu kita berkomunikasi kemudian memastikan bukti-bukti nyatanya ada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Selanjutnya, dirinya menyampaikan setiap tahunnya di SMA Negeri 2 Serang tidak banyak yang mendaftar pada jalur afirmasi, sehingga apabila pada jalur tersebut tidak terisi penuh sesuai kuota yang telah ditentukan yakni 15 persen, pihaknya akan mengalihkan pada jalur zonasi atau jalur prestasi.

“Kuota tahun ini sekitar 432 untuk di 12 rombel, satu rombelnya 36 siswa,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments