BerandaPandeglangSEBA BADUY 2023 BUPATI SERAHKAN PERBUP DESA ADAT

SEBA BADUY 2023 BUPATI SERAHKAN PERBUP DESA ADAT

DBN – Pandeglang, Bupati Kabupaten Lebak Iti Oktavia Jayabaya selaku ibu gede bagi Masyarakat Adat Baduy, secara resmi menerima kedatangan sekitar 1.224 Warga Baduy Luar dan Dalam yang dipimpin oleh ketua adat dan pemerintahannya dalam acara Ritual Seba Baduy 2023 di Pendopo Kabupaten Lebak, Jum’at (28/4/2023). Berbeda dengan Tahun-tahun Sebelmnya, pada momen sakral kali ini ditandai dengan penyerahan Peraturan Bupati nomor 38 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Adat Kanekes. 
“Ini merupakan bentuk penghargaan Pemerintah Kabupaten Lebak kepda Masyarakat Suku Baduy karena telah memberikan pelajaran berharga bagi kita semua terutama  dalam menjaga alam, adat tradisi, dan kondusifitas lingkungan yang aman, damai, tentram” Tutur Iti pada sambutannya.
Selain itu bupati juga menyampaikan dengan diserahkannya Perbup tersebut. Janji pemerintah daerah kepada masyarakat Suku Baduy telah ditunaikan. sebagai bentuk komitmen Pemkab Lebak dan pengakuan juga penguatan legalitas Desa Kanekes Sebagai Desa Adat. Perbup tersebut diserahkan langsung oleh bupati lebak kepada kepada jaro saija selaku jaro oamarentah desa kanekes setelah ritual seba dilaksanakan. 
“Mari kita jaga lingkungan dan silaturahmi kita untuk pembangunan kedepannya. Dan jadikan acara ini sebagai alat untuk mengoreksi diri. Juga memelihara warisan budaya yang ditinggalkan oleh leluhur kita” Ungkap Iti
Sementara itu, pada kesempatan yang sama Jaro Saija mengucapkan terimakasi kepada Pemerintah Kabupaten Lebak, terutama kepada Bupati Lebak yang telah mengabulkan permintaan masyarakat Suku Baduy melalui perbup. No. 38 t
Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Adat Kanekes. 
“Tujuan seba telah dilaksanakan oleh bupati, terimakasih kepada ibu bupati beserta jajarannya. semoga kedepannya Kabupaten Lebak semakin aman,  subur makmur gemah ripah loh jinawi” pungkas Saija. (RED/Mardiana)
Baca Juga:  Bakti Sosial PSL Banten Bangun Sumur Bor di Kampung Sumedang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments