BerandaCilegonPospam Dibentuk, Helldy Sebut Pemudik sebagai Raja yang Harus Dilayani

Pospam Dibentuk, Helldy Sebut Pemudik sebagai Raja yang Harus Dilayani

DBN Cilegon – Menjelang Lebaran, Pemkot dan Polres Cilegon membentuk Pos Pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat Maung 2023. Pembentukan Pospam tersebut digelar pada rapat di Aula Setda Kota Cilegon, Rabu 12/4/2023) mulai pukul 21.30 sampai 24.00 WIB.
 
Hadir dalam rapat tersebut unsur pemerintah daerah, Polres, Lanal Banten, Kodim 0623, ASDP Pelabuhan Merak, Pelindo Ciwandan, serta perwakilan OPD dan stakeholder.
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian usai rapat mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri saat berkunjung ke Pelabuhan Merak, pihaknya harus membentuk Pospam sebagai upaya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik.
“Insya Allah tanggal 17 April nanti kami apel bersama, kami bersinergi menjadi satu kesatuan. Pemudik adalah tamu dan tamu adalah raja yang harus kita layani dengan sebaik mungkin. Dan kewajiban kita bersama untuk melayani,” kata Helldy, sebagaimana dirilis Dinas Kominfo Kota Cilegon, Kamis (13/4/2023).
Berdasarkan hasil rapat dan pemaparan masing-masing stakeholder, kata Helldy, Kota Cilegon sudah siap menyambut kedatangan para pemudik. Terutama yang dari Pulau Jawa hendak menyeberang ke Pulau Sumatera.
“Pelabuhan Merak sudah siap mengoperasikan tujuh dermaga, di Pelindo Ciwandan ada lima dermaga sehingga total ada 12 dermaga dengan jumlah kapal mencapai 35 sampai 40 kapal di Merak, serta 14 kapal Ciwandan,” terangnya.
Dikatakan Helldy, mudik tahun ini agak berbeda dibandingkan sebelumnya karena akan ada dua pelabuhan penyeberangan yang dioperasikan sehingga butuh tenaga ekstra untuk memberikan pelayanan terbaik.
“Makanya saya instruksikan kepada OPD yang terkait seperti Dinkes, Dishub, Satpol PP dan Damkar untuk menyiapkan personel yang cukup. Jangan sampai pos yang sudah dibentuk kosong tanpa pelayanan,” katanya.
Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro menambahkan, akan ada delapan Pospam yang tersebar di wilayah hukum Polres Cilegon. Mulai PCI, dalam kota, pintu tol, Pelabuhan Merak, Pelindo Ciwandan, hingga ke arah Anyer untuk pengamanan pasca lebaran.
“Ada 712 personel kepolisian gabungan, 374 personel di antaranya dari Polres Cilegon. Tiap Pospam akan ada pos pantau, nantinya tim di Pospam itu harus membawahi beberapa pos, kita bagi satu shift itu 12 jam, jadi personilnya harus itu-itu saja agar supaya koordinasinya lebih mudah,” katanya.
Dalam kesempatan itu, Kapolres juga minta dukungan dari para stakeholder termasuk masyarakat untuk sama-sama melayani para pemudik yang hendak berlebaran di kampung halaman. 
(Red)
Baca Juga:  Pemkot Cilegon Bantu Korban Puting Beliung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments